browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Habitat Jentik Aedes aegypti (Diptera: Culicidae) pada Air Terpolusi di Laboratorium

Posted by on May 19, 2010

Habitat Jentik Aedes aegypti (Diptera: Culicidae) pada Air Terpolusi

di Laboratorium

ABSTRAK

Upik K. Hadi, Singgih H. Sigit & E. Agustina. 2009. Habitat Jentik Aedes aegypti (Diptera: Culicidae) pada Air Terpolusi di Laboratorium. Prosiding Seminar Nasional Hari Nyamuk 2009. Bogor 10 Agustus 2009.  ISBN 978-602-95733-0-5.

Satu di antara pengetahuan yang harus dikuasai dalam upaya pengendalian Aedes aegypti adalah tempat berkembang biaknya. Hingga saat ini diketahui bahwa tempat perkembangbiakan pradewasa Ae. aegypti hanya di wadah berisi air bersih. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui apakah apakah Ae. aegypti dapat berkembang dengan baik pada media air terpolusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Ae. aegypti dapat bertelur pada berbagai media yang mengandung air terpolusi. Jumlah telur Ae. aegypti yang diletakkan paling banyak ditemukan pada media air tanah dan paling sedikit pada media air kaporit. Pada media berisi berbagai campuran polutan Ae. aegypti bertelur lebih banyak daripada media yang hanya berisi air sumur. Perkembangan pradewasa Ae. aegypti yang cukup baik terdapat pada media berisi polutan feses ayam dan campuran polutan tanah, detergen, kaporit dan feses ayam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa air yang terpolusi dapat menjadi tempat perindukan dan berkembangbiaknya nyamuk Ae. aegypti.

Kata Kunci: Aedes aegypti, Habitat Jentik, Air Terpolusi

Full Paper in PDF Habitat jentik Aedes aegypti pada air terpolusi

Leave a Reply