browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Bulan Rajab telah tiba

Posted by on June 15, 2010

Hari Senin 14 Juni 2010 adalah awal bulan Rajab menurut penanggalan Islam untuk tahun ini. Bulan Rajab terletak antara bulan Jumadil Akhir dan bulan Sya’ban. Bulan Rajab sebagaimana bulan Muharram termasuk bulan haram. Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (Qs. At Taubah: 36)

Rasulullah saw bersabda: “Bulan Rajab adalah bulan Allah Yang Maha Agung, tak ada bulan yang dapat menandingi keutamaannya. Di dalamnya diharamkan berperang dengan orang-orang kafir, karena bulan Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan ummatku. Barangsiapa yang berpuasa sehari saja di dalamnya, maka wajib baginya memperoleh ridha Allah, dijauhkan dari murka-Nya, dan diselamatkan dari semua pintu neraka.” (Mafatihul Jinan, bab 2: 131).

Rasulullah saw juga bersabda: “Bulan Rajab adalah bulan permohonan pengampunan bagi ummatku, maka hendaknya mereka memperbanyak istighfar di dalamnya, yaitu: ” Astaghfirullâha wa atûbu ilayh” (Aku mohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya). Sebenarnya banyak berdoa tidak hanya di bulan ini sepanjang waktu yang kita laluipun berdoa merupakan suatu keharusan bagi hamba Allah. Hanya saja Rasulullah bersabda bahwa “Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679). Jadi bulan Rajab merupakan satu di antara empat bulan suci yang dianjurkan untuk beribadah dengan lebih semangat .

Marilah di bulan yang istimewa kita perbanyak  berdoa dan bermunajat, mengadu dan menangis kepada Allah Yang Maha Agung. Karena sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah, rahmat dan maghfirah. “Allahumma baarik lanaa fii Rojab wa Sya’ban wa ballignaa Romadhon [Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan perjumpakanlah kami dengan bulan Ramadhan]“. Wallahu a’lam bisshawwab… (Disarikan oleh Upik Kesumawati Hadi, FKH IPB)

Leave a Reply