browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Apakah Anak Autis itu?

Posted by on June 17, 2010

Anak penyandang autis atau anak autis(tik) adalah anak yang mengalami kegagalan yang jelas dalam berhubungan dengan orang lain, karena terhambat dalam berbahasa dan mempunyai keterbatasan dalam pola perilakunya. Keadaan ini disebabkan oleh adanya gangguan perkembangan sel-sel otak yang sangat kompleks. Setiap anak autis masing-masing memiliki ciri-ciri yang unik, berbeda antara satu dengan yang lain dengan kelebihan dan kekurangan yang juga tidak sama.

Bila tahun 1990-an jumlah anak penyandang autisme adalah 10-20 per 10.000 anak (Baron-Cohen 1993), maka tahun 2000-an diperkirakan ada satu per 150 anak penyandang autisme di Amerika Serikat (CDC 2001). Melihat kecenderungan prevalensi yang meningkat terus, bukan tidak mungkin kalau saat ini penyandang autisme sudah ada di setiap penjuru tanah air tercinta.  Yang  menyedihkan adalah kurangnya tenaga ahli yang paham mengenai autisme dan tidak tersebarnya pengetahuan mengenai penanganan anak penyandang autisme, sehingga selain di kota-kota besar penanganan masih sangat minim, bahkan seringkali salah diagnosa dan salah terapi.

Full Paper in PDF       Apakah Anak Autis itu?

Leave a Reply