browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Kutu Busuk dan Kiat-Kiat Pengendaliannya

Posted by on December 12, 2010

            Kutu busuk (bedbug) tergolong ke dalam serangga penghisap darah yang dalam bahasa lokal dikenal dengan nama tinggi (bahasa Jawa), kepinding, tumbila (bahasa Sunda), atau bangsat. Adapun dalam bahasa latin, jenis kutu busuk di Indonesia adalah Cimex hemipterus, Famili Cimicidae, Ordo Hemiptera.

            Kutu busuk di Indonesia sampai akhir tahun 1970an  masih banyak ditemukan di rumah tinggal, gedung bioskop, hotel, losmen dan lainnya tempat manusia tidur dan duduk. Namun pada kurun waktu tahun 1980an hingga 2000 permasalahan kutu busuk nyaris tidak terdengar. Lalu sejak 5 tahun yang lalu permasalahan kutu busuk ini muncul kembali ke permukaan, tidak hanya di Indonesia tetapi di negara-negara maju seperti New York AS, Kanada, Eropa dan Australia, Malaysia dan Singapura. Pada tahun 2007 dilaporkan bahwa telah terjadi outbreak (kejadian luar biasa) kutu busuk di 50 negara bagian di Amerika Serikat.

            Munculnya dan menyebarnya kembali permasalaha kutu busuk di berbagai belahan dunia ini, seiring dengan era global yang memudahkan manusia dan barang bergerak dari satu daerah atau negara ke daerah atau negara lain. Meningkatnya mobilitas ini memungkinkan kutu busuk turut terbawa bersama barang bawaan, koper, pakaian, tas, koper, ransel, kardus, dan lainnya ke seluruh dunia. Ditemukannya banyak kutu busuk di hotel, losmen, asrama-asrama mahasiswa, apartemen, atau tempat-tempat orang datang dan pergi, merupakan indikasi ini bahwa kutu busuk mungkin terbawa bersama orang-orang tersebut. Kutu busuk dan telurnya bisa terbawa bersama tas, koper, pakaian dan lainnya.

Artikel Lengkap dalam  PDF    Kutu Busuk dan Kiat-Kiat Pengendaliannya

Leave a Reply