browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Kudisan Bisa Berasal dari Hewan

Posted by on December 15, 2010

Sebagaimana halnya orang, hewan pun tak luput dari serangan kudis, skabies atau penyakit “Agogo”.  Skabies pada hewan cukup berbahaya, bila tak segera diobati jangan harap hewan anda kembali dalam keadaan semula, sehat, kulitnya mulus dan menyenangkan sebagai hewab kesayangan. Tidak jarang kudis pada kelompok hewan tertentu dapat mengakibatkan musnahnya kelompok hewan tersebut. Contoh nyata adalah musnahnya kelinci akibat skabies di desa Ngancar Kabupaten Magetan yang pernah mendapat gelar desa kelinci tingkat nasional dan mendapat piala penghargaan dari Presiden dan Ny Tien Soeharto pada tahun 1990, yang akhirnya juga tidak jelas riwayatnya.

Selain berbahaya bagi hewan itu sendiri, skabies pada hewan dapat menulari manusia terutama orang-orang yang selalu berhubungan dengan hewan seperti pemilik hewan, perawat hewan, serta dokter hewan yang sehari-hari menangani penyakit hewan. Oleh karena itu melalui media ini penulis mengingatkan kembali pada Anda agar berhati-hati terhadap kemungkinan tertularnya penyakit ini dari hewan. Meskipun sifat penyakit zoonosis ini ringan, sekali Anda tertular cukup merepotkan juga.

Full Paper in PDF   Kudisan Bisa Berasal dari Hewan

Leave a Reply