browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Hama Permukiman (Urban Pest) di Indonesia

Posted by on December 20, 2010

Definisi Hama atau Pest adalah makhluk yang dalam keperluan hidupnya berada di lingkungan permukiman dan merugikan atau membahayakan kehidupan manusia.  

Adapun Permukiman adalah  suatu kompleks tempat bermukim manusia, terdiri dari rumah berikut bangunan lainnya, halaman pekarangan, jalan, selokan dan kandang hewan peliharaan, termasuk tempat penampungan limbah.

Hama permukiman adalah berbagai jenis hama yang hidup di lingkungan permukiman manusia yang umumnya berupa suatu kompleks bangunan tempat tinggal berikut berbagai fasilitas yang berhubungan dengan pelbagai hajat hidupnya, termasuk juga jalan, selokan, berikut tanaman pekarangan dan hewan-hewan peliharaannya. Lingkungan permukiman merupakan sebuah ekosistem tersendiri yang unik.  Lingkungan itu dibangun dan diciptakan terutama untuk kepentingan kenyamanan hidup manusia, tetapi pada kenyataannya banyak makhluk lainnya ikut memanfaatkan kondisi itu sebagai habitat, tempat istirahat serta tempat mencari makan. Dengan perkataan lain hama permukiman adalah berbagai jenis hama yang hidup atau berada di lingkungan permukiman manusia, yang keberadaannya dapat merupakan gangguan atau bahkan bahaya bagi para pemukim. Apa saja hama permukiman yang ditemukan di Indonesia, silakan anda baca dalam sajian presentasi power point berikut ini.   

Bentuk Presentasi Power Point PDF      Hama Permukiman di Indonesia

Leave a Reply