browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Hari Peduli Autis Sedunia, 2 April

Posted by on April 16, 2011

Autisme merupakan gangguan perkembangan pada anak yang namun secara garis besar meliputi gangguan perkembangan komunikasi (bahasa), fungsi sosial dan perilaku repetitif. Saat ini banyak kalangan masyarakat atau orang tua salah dalam memahami dan menangani penderita ini, karena terbatasnya informasi. Oleh karena itu sosialisasi tentang autisme ini merupakan satu di antara upaya untuk mengatasi hal hal tersebut.

Tanggal 2 April diperingati sebagai Hari Peduli Autis sedunia. Hari Peduli Autisme Sedunia ini pertama kali dijadikan hari peringatan sedunia, setelah diputuskan dalam Sidang Umum PBB, 18 Desember 2007 lalu. Sejak itu secara serentak di berbagai belahan dunia, setiap tahun hari peduli autisme ini dirayakan khususnya oleh orang tua penyandang autisme dan para pemerhati  autisme atau simpatisan yang peduli terhadap  masalah autisme.

Di Bogor, Yayasan Keluarga Istimewa Indonesia (YKII) juga setiap tahun menyelenggarakan hari peduli autisme. Khusus tahun ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Autis ini mengadakan Jalan sehat Bersama dan Bazaar, sesuai tema yang serentak dilakukan se ASEAN yaitu WALK FOR AUTISM. Kegiatan ini telah diselenggarakan pada Hari Sabtu, 2 April 2011 di Sekretariat YKII, Jl Boulevard Blok O.1 No 16 Ruko baru Taman Cimanggu Bogor. Tema kegiatan ini sama dengan Walk for Autism Indonesia 2011 yang diselenggarakan oleh Yayasan Autisma Indonesia yaitu Act for Autism Now! Bersama kita menuju masyarakat yang inklusif dan bersahabat dengan autisme.

Acara  dimulai pukul pagi hari, jalan sehat bersama dengan rute dimulai dari sekretariat YKII – Jl. Taman Cimanggu Raya – Jl. Taman Cimanggu Tengah – Jl Taman Sari – YKII. Acara jalan pagi ini dilakukan oleh anak-anak penyandang autis, orang tua, guru pendamping, dan para pemerhati autis.  Selain itu, YKII juga menggelar bazar, pameran dan penjualan karya anak, lomba mewarnai dan lain-lain (Upik Kesumawati Hadi)

Bersama komunitas peduli autis setelah kampanye "walk for autism"

Sejenak mejeng bersama teman senasib....

Leave a Reply