browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Sumpah Dokter Hewan Baru FKH IPB, 20 April 2011

Posted by on April 21, 2011

Hari Rabu 20 April 2011 merupakan hari bersejarah bagi 48 orang dokter hewan baru Fakultas Kedokteran Hewan IPB karena telah dilantik dan diambil sumpahnya. Hari ini merupakan titik awal perjalanan bagi para dokter hewan baru untuk mengamalkan ilmu dan profesinya di dunia veteriner.

Dalam kesempatan ini Dekan FKH IPB Prof DR Drh I Wayan Teguh Wibawan MS berpesan agar dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki, para dokter hewan baru dapat berjaya menghadapi segala rintangan. “Jelajahilah dan kenalilah dunia, arungi lautan dan melayang di angkasa kemanapun kalian mau, tapi ingat apapun yang kalian lakukan landasi dengan kebenaran dan berupaya untuk selalu dapat menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sekecil apapun di lingkungan tempat kalian berada”, demikian ujarnya.

Sementara itu Rektor IPB dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehidupan kita kian menghadapi peningkatan ancaman yang serius terhadap penyakit-penyakit infeksius yang bersumber pada hewan atau zoonosis seperti kasus flu burung, flu babi, rabies, antraks, bruselosis, leptospirosis, sistserkosis, toksoplasmosis dan lain sebagainya. Hal ini kita sadari sebagai dampak dan kerusakan lingkungan, pemanasan global, dan urbanisasi yang progresif. Pemicu yang paling umum terhadap munculnya penyakit baru adalah perubahan penggunaa lahan, pertanian, demografi dan sosial. Sayangnya, penanganan zoonosis masih menghadapi persoalan utama, yaitu kurangnya komitmen pemerintah, belum adanya sistem pengendalian zoonosis yang multisektoral dan terintegrasi, penegakan supremasi hukum yang lemah dan dampak negatif dari otonomi daerah. Oleh karena itu, “IPB memandang perlu dibangunnya suatu wadah nasional yang disebut National Zoonosis Center yang akan menjadi center of excellence bidang zoonosis dengan fokus kegiatan penelitian, pendidikan dan pelayanan masyarakat, sekaligus menjadi sumber data dan informasi zoonosis di Indonesia”, demikian harapan rektor.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan kesempatan memperoleh pelajaran hidup yang berguna bagi Dokter Hewan yang baru ini dalam menunaikan tugasnya. Amin ..(Upik Kesumawati Hadi)..

Sidang Terbuka Penganugerahan Ijazah dan Pengucapan Sumpah Dokter Hewan Baru TAhap I FKH IPB 2011Dokter Hewan baru bersama Dosen Pembimbingnya yang berbahagia

Dokter Hewan Baru bersama keluarganya yang berbahagia

Leave a Reply