browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Lipas atau Kecoak Lobster (Lobster Cockroach), Nauphoeta cinerea

Posted by on April 27, 2011

Lipas ini tergolong famili Blaberidae, banyak ditemukan ditumpukan manur atau kotoran ayam petelur (layer) di beberapa peternakan di wilayah Bogor Indonesia.  Lipas lobster ini mempunyai beberapa nama sinonim seperti  lipas Madeira, lipas Cinereous (abu-abu), lipas Tampa, lipas berbintik-bintik (Speckled Feeder Roaches) ,  dan  Woodie.

Spesies ini memiliki distribusi di seluruh dunia. Pada awalnya ia bernama Blatta cinerea pada tahun 1789 berdasarkan deskripsi spesimen yang diambil dari Mauritius, dan sejak  1922 hingga sekarang bernama Nauphoeta cinerea. Lipas ini merupakan lipas permukiman tersebar di daerah tropis di wilayah Barat seperti  Kuba, Hispaniola, Meksiko, Brazil dan Kepulauan Galapagos . Di Timur, lipas tersebar  luas di Filipina, Sumatera, Jawa dan Singapura , serta meluas ke Australia, Kaledonia Baru dan Kepulauan Hawaii. Penyebaran lipas ini di Afrika Timur meluas dari Mesir,  melalui Sudan,  ke Tanganyika  bagian timur (sekarang Tanzania), Transvaal dan Natal. Lipas ini juga dijumpai di Madagaskar dan Mauritius. Studi menunjukkan bahwa rumah asli atau asal lipas ini adalah Afrika Timur.  Penyebaran lipas ke negara lain kemungkinan terjadi melalui lalu lintas kapal perdagangan sejak abad keenam belas dan ketujuh belas. Koloni  lipas ini diketahui menyebar telah di Florida, Amerika Serikat pada tahun 1952 dan ditemukan berkembang biak di wilayah Tampa, Florida tempat adanya pabrik produksi pakan ternak. Karena itu nama umum lipas ini disebut lipas Tampa.

Lipas lobster  berukuran sekitar 30mm, perutnya berwarna coklat, sayapnya keaabu-abuan, pronotumnya berbintik-bintik, larinya cepat, dan mampu memanjat, tetapi tidak bisa terbang meskipun memiliki sayap. Lipas muda atau nimfa berwarna coklat gelap dan tidak bersayap. Lipas ini aktif di malam hari, siang hari lebih banyak istirahat bersembunyi di tempat yang terlindung.

Lipas ini mudah dipelihara bahkan di beberapa negara diperjualbelikan untuk makanan katak peliharaan  atau reptil lainnya (pet). Di bandingkan dengan jangkrik daging lipas ini sangat tinggi dan lembut. Pemeliharaannya juga lebih mudah dan praktis karena tidak memerlukan tempat yang luas dan perawatan mudah, serta tidak ribut seperti jangkrik. Koloninya dapat disimpan dalam wadah apapun dari sebuah wadah kaca atau kotak penyimpanan plastik. Karena lipas pemakan segala,  maka dapat diberikan banyak buah (pepaya, apel) dan sayuran (wortel) atau makanan pelet (dog food, cat food, fish food) lainnya. Yang jelas, kelembaban harus tetap dijaga harus hangat, karena lipas menyukai kelembaban yang tinggi. Lipas ini dapat berkembang biak secara optimum pada suhu 25 – 30° C. Lipas ini oleh penduduk sekitar peternakan ayam di Nanggung Bogor digunakan untuk umpan mancing ikan (Upik Kesumawati Hadi, Laboratorium Entomologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB).

Lipas lobster, Nauphoeta cinerea

PAPER IN PDF:  Lipas Lobster, Nauphoeta cinerea

Leave a Reply