browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Ninomiya Sontoku

Posted by on May 6, 2011

Ninomiya Sontoku adalah nama patung yang sering terlihat di sekolah-sekolah  dasar di Jepang.  Patung ini berupa seorang anak sedang membaca buku  sambil membawa beban kayu bakar di punggungnya. Umumnya patung ini dijumpai di sekolah-sekolah dasar yang telah berusia tua. Sebagai contoh, patung ini sampai saat ini masih terdapat di bagian dekat pagar depan SD Yufugawa, Hasama City, Oita Prefektur.  Sekolah ini telah berusia sekitar 115 tahun (tahun 2011), tempat putra putri kami sekolah ketika bermukim disana.

Cerita di balik patung ini sangat menarik. Ia terlahir dengan nama Kinjiro Ninomiya pada tahun 1787 dari keluarga petani miskin di prefektur Kanagawa, Jepang Tengah. Orang tuanya meninggal ketika ia masih muda dan ia dibesarkan oleh seorang paman yang memiliki banyak koleksi buku di rumahnya. Kinjiro ingin menghabiskan waktu membaca buku, tetapi keluarganya  memaksa dia untuk bekerja, sehingga ia mengambil buku-buku  sebagai teman dia bekerja mencari kayu bakar di siang hari, dan malam hari masih terus belajar sendiri. Akhirnya ia memperoleh lahan peninggalan yang kemudian dikelola menjadi tanah pertanian, sekaligus meningkatkan kesejahteraan dirinya dan masyarakat sekelilingnya, sehingga pada usia 20an ia berhasil menjadi tuan tanah.

Kinjiro akhirnya menjadi sangat kaya dan berpengaruh, serta diberi nama “Sontoku” atas prestasi yang dicapai berkat kegigihannya. Bahkan setelah meninggal kaisar Jepang memberi gelar kehormatan Jyu Yoni. Patung Ninomiya telah menginsipirasi bangsa Jepang sejak kecil sehingga menjadi bangsa yang gemar membaca buku dan pekerja keras. (Upik Kesumawati Hadi, IPB Bogor)

Ninomiya Sontoku

Ninomiya Sontoku di depan SD Yufugawa, Oita Jepang

Leave a Reply