browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Lipas atau Kecoak Amerika, Periplaneta americana

Posted by on May 9, 2011

Lipas amerika atau american cockroach merupakan lipas paling umum di jumpai di Indonesia.  Lipas ini termasuk ke dalam famili Blattidae, Ordo Dictyoptera atau Blattodea. Ia banyak dijumpai di sekitar permukiman, restoran, rumah sakit, supermarket atau gedung-gedung tempat bahan makanan disimpan, diolah atau didistribusikan (dijual), ia memasuki hunian manusia ini melalui sistem pembuangan rumah tangga seperti saluran atau pipa-pipa atau terbawa melalui kardus-kardus bahan makanan. Di dalam hunian manusia, lipas ini lebih menyukai tinggal di bagian  rumah yang lembab dan gelap seperti septic tank dan celah-celah serta retakan lainnya. Ia tergolong serangga pemakan segala atau omnivor.Ketika infestasinya meningkat atau populasinya bertambah, individu-individu lipas akan tampak berkeliaran di dapur, kamar mandi dan ruang-ruang lainnya.

Lipas terbesar ini berukuran panjang 35-40 mm, lebar 13-15 mm, perutnya merah kecoklatan, pronotumnya (bagian dada atas) kuning kemerahan dengan sepasang bercak coklat di bagian tengah. Di belakang perutnya terdapat sepasang serkus yang relatif panjang, tipis dan runcing seperti cemeti. Sayapnya baik jantan maupun betina berkembang dengan baik dan dapat terbang. Sayap lipas jantan sedikit melebihi ujung abdomen (perut), sedang yang betina tidak. Lipas dewasa rata-rata lama hidupnya untuk betina 90-706 hari, dan yang jantan 90-362 hari.  Perkembangan dari telur sampai dewasa berkisar antara 168-786 hari, rata-rata 600 hari, tergantung suhu, kelembaban, makanan dan lainnya. Seekor lipas betina dan keturunannya dilaporkan dapat menghasilkan lebih dari 800 ekor lipas dalam setahun.

Telur lipas terbungkus dalam kantung ooteka. Ooteka lipas ini berwarna coklat gelap dan panjangnya kira-kira 1/3 inci (8-10 mm). Lipas betina meletakkan telurnya pada tempat-tempat terlindung di dekat lantai, di pojok dinding, atau di celah dan retakan yang dekat dengan sumber makanan. Betina bisanya menyembunyikan kantong telur ini dengan reruntuhan atau debu yang ditempelkan ke permukaannya. Seekor betina dapat menghasilkan sekitar 5-14 ooteka,  dengan rata-rata satu ooteka perminggu. Setiap ooteka berisi sekitar 14-16 butir telur. MAsa inkubasi telur ini 38-49 hari (rata-rata 44 hari).

Telur menetas menjadi kecoak muda atau nimfa muda yang berwarna coklat keabu-abuan dan setiap menyilih (molting) menjadi instar berikutnya, warnanya akan berubah menjadi coklat kegelapan. Nimfa ini akan menyilih   sebanyak 10-13 kali (instar), tergantung suhu, makanan dan lain-lain. (Upik Kesumawati Hadi, Laboratorium Entomologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor)

Lipas amerika, Periplaneta americana

PAPER IN PDF:  Lipas Amerika, Periplaneta americana

Leave a Reply