browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Renungan jumát 4/11

Posted by on May 13, 2011

Setiap kita akan menemui ajal dimanapun kita berada kalau sudah sampai waktunya. Ajal tersebut tidak bisa ditunda barang sesaat. Takdir Allah ini pasti dan tidak ada yg meragukannya hal ini dijelaskan dalam QS Al A’raf: 34, QS Qof :19, QS An Nisa:78.  Segala sesuatu sudah ditentukan dan tertulis di lauh mahfuts, tapi kita tidak tahu tertulisnya dalam kondisi seperti apa. Oleh karena itu, berprasangkalah yang baik-baik pada Allah SWT dengan melakukan perbuatan yang baik-baik yang sesuai dengan peraturan Allah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Allah SWT menilai kita (jin dan manusia) atas niat dan proses aktivitas (berdasarkan ketaqwaannya kepadaNya), bukan hasil dari aktivitas.

Dalam satu hadis riwayat Tarmidzi disebutkan bahwa kita harus ingat 5 hal sebelum datang 5 hal yaitu:
1. Manfaatkan waktu sehat sebelum datang waktu sakit.
2. Manfaatkan waktu muda sebelum waktu tua.
3. Manfaatkan waktu kaya sebelum waktu miskin.
4. Manfaatkan waktu lapang sebelum waktu sempit.
5. Manfaatkan waktu hidup sebelum datang ajalmu.

Di dalam hadis juga dijelaskan bahwa sebaiknya banyak-banyaklah minta ampun daripada minta dipanjangkan umurnya. Mintalah umur yang penuh keberkahan, karena masalah panjang atau pendeknya umur, haknya Allah.

Semoga kita termasuk orang-orang yang beriman hingga akhir hayat…

Leave a Reply