browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Lipas atau Kecoak Australia, Periplaneta australasiae

Posted by on May 14, 2011

Lipas Australia atau australian cockroach tersebar di seluruh dunia termasuk di Indonesia.  Lipas ini termasuk ke dalam famili Blattidae, Ordo Dictyoptera atau Blattodea. Ia dapat dijumpai di sekitar permukiman, restoran, rumah sakit, supermarket atau gedung-gedung tempat terdapat bahan-bahan makanan atau minuman disimpan. Di dalam hunian manusia,  lipas ini juga merupakan pengganggu dan bisa memakan bahan pakaian dengan membuat lubang dan merusak bagian penutup buku. Tetapi kelihatannya ia lebih senang tinggal di areal  pertanian dan lebih bersifat vegetarian. Penulis sering menjumpai lipas ini berkeliaran di sekitar manur kandang sapi perah.

Lipas australia berukuran mirp seperti lipas amerika  tetapi sedikit lebih kecil (panjang 31-37 mm), tubuhnya berwarna lebih gelap atau coklat kemerahan (gambir). Pada pinggir atas depan sayap mempunyai pita kuning sepanjang 1/3 panjang sayap depan. Pada bagian atas toraks (pronotum) juga memiliki bercak kuning muda seperti lipas amerika. Lipas muda atau nimfa instar terakhir  mempunyai bercak kuning terang sepanjang sisi abdomennya.

Lipas dewasa rata-rata lama hidupnya 145  hari.  Perkembangan dari telur sampai dewasa rata-rata 365 hari tergantung suhu, kelembaban, makanan dan lainnya. Seekor betina mampu menghasilkan 20-30 ooteka selama hidupnya, dan setiap ooteka mengandung 22-24 butir telur. Telur lipas ini dapat dihasilkan secara partenogenetik (tanpa kawin), tetapi nimfa yang menetas tidak mampu menjadi dewasa. Masa inkubasi telur rata-rata 40 hari. (Upik Kesumawati Hadi, Laboratorium Entomologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor)

Lipas australia, Periplaneta australasiae

PAPER IN PDF: Lipas Australia, Periplaneta australasiae

Leave a Reply