browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Lipas atau Kecoak berpita coklat, Supella longipalpa

Posted by on May 16, 2011

Lipas Supella longipalpa atau brown banded cockroach, tergolong famili Blattellidae, Ordo Dyctioptera atau Blattodea. Ia satu famili dengan lipas jerman dan termasuk lipas berukuran kecil, dengan panjang tubuh 10-14 mm. Habitat lipas ini serupa dengan lipas jerman yaitu tempat-tempat yang lembab, kotor, dan gelap di sekitar permukiman. Aktifitasnya nokturnal atau di malam hari.

Ciri morfologi yang khas adalah pada sayapnya. Sayap lipas betina berwarna sama yaitu dari coklat kemerahan sampai coklat gelap, sedang yang jantan berwarna coklat gelap pada bagian dasar, secara bertahap menjadi coklat terang ke arah ujung. Baik jantan maupun betina terdapat bagian sayap yang terlihat terang tembus seakan akan mempunyai pita coklat pucat atau kuning terang yang menyilang dari dasar sayap dan pita lainnya pada sepertiga bagian atas sayap. Sayap jantan menutupi abdomen secara sempurna, sedangkan sayap betina lebih pendek, tidak menutupi seluruh bagian abdomen. Abdomen atau perut lipas betina lebih lebar dan lebih membulat dari pada yang jantan. Nimfa lipas ini mudah dikenali dengan adanya dua buah pita kuning yang menyilang di bagian atas abdomen.

Lipas ini sangat aktif dan yang dewasa akan loncat apabila terganggu. Hanya lipas jantan yang dapat terbang. Lipas dewasa bisa hidup selama 90 hari untuk yang betina, sedang yang jantan 115 hari. Seekor betina dapat menghasilkan 14 ooteka, yang masing-masing berisi 14-18 telur. Ooteka lipas ini berwarna coklat merah terang, panjangnya 4-5 mm dan biasanya ditemukan menempel pada alat perabot rumah tangga (furnitur), dekorasi dinding, celah dan retakan, dan atap.

Masa inkubasi telur lipas ini rata-rata 70 hari. Telur menetas menjadi lipas muda atau nimfa yang kemudian menyilih atau molting sebanyak 6-8 kali (instar). Perkembangan dari telur hingga dewasa adalah 90-276 hari dengan rata-rata 161 hari. Dalam setahun seekor betina dan keturunannya dapat menghasilkan lebih dari 600 ekor lipas.

Lipas dewasa lebih sering ditemukan di tempat hunian manusia daripada gedung-gedung komersil. Lipas dewasa dan muda lebih menyukai bersembunyi di tempat yang hangat, daerah yang tinggi nekat atap, di belakang dekorasi dinding dan wallpaper yang longgar, di kloset, di bawah atau bagian dalam perabot rumah tangga, dan peralatan listrik seperti televisi, stereo dan alat pemanggang roti. Lipas ini bisa memasuki ruangan-ruangan sempit di dalam rumah. Akibatnya lipas ini seringkali lebih sulit dikendalikan daripada lipas lainnya. (Upik Kesumawati Hadi, Laboratorium Entomologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor)

Lipas berpita coklat, Supella longipalpa

PAPER IN PDF:  Lipas berpita coklat, Supella longipalpa

Leave a Reply