browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Renungan Jumát 7/11

Posted by on June 3, 2011

Kumandang Azan

Sesuatu yang tak pernah terjangkau oleh akal fikiran kita. Subhanallah…Ketahuilah bahwa pada setiap waktu, ribuan bilal merata di seluruh dunia akan mengalunkan azan, mengakui ‘Bahwa Allah saja yang patut disembah, dan Nabi Muhammad adalah Rasul Allah’.

Diawali dengan Indonesia yang terletak di bagian timur dengan ratusan kepulauan-nya dan jumlah penduduknya lebih dari 180 juta. Ketika masuk waktu Subuh, Azan mulai berkumandang dari kawasan ini dengan ribuan Bilal yang akan mengumandangkan Ke-Agungan Allah S.W.T dan Nabi Muhammad S.A.W. Proses ini akan bergerak kearah barat kepulauan Indonesia. Perbedaan waktu antara timur dan barat Indonesia adalah 1-1/2 jam. Begitu alunan Azan merata di Indonesia selesai, dimulai pula azan berkumandang di Malaysia. Berikutnya di Burma, dalam waktu satu jam selepas Azan dialunkan di Jakarta, berikutnya tiba giliran berkumandang di Dacca  Bangladesh.

Berikutnya alunanannya akan kedengaran di Calcutta dan terus ke Srinagar di barat India. Perbedaan waktu di kota-kota Pakistan adalah 40 menit jadi dalam jangka waktu ini, Azan akan berkumandang di seluruh Pakistan. Belum berakhir di Pakistan, Azan akan bermula pula di Afghanistan dan Muscat. Perbedaan waktu antara Muscat dan Baghdad adalah satu jam. Dalam jangka waktu ini, Azan akan berlanjut berkumandang di UAE, Makkah, Madinah, Yaman, Kuwait dan Iraq. Proses ini berlanjut setiap detik hingga ke pantai timur Atlantik. Jarak masa Azan pertama kali berkumandang di Indonesia hingga ke pantai timur Atlantik adalah 9,5 jam.

Belum sampai waktunya Azan Subuh berkumandang di pantai Timur Atlantik, tibalah saatnya Azan Zuhur berkumandang lagi di Indonesia.Ini berlanjut terus pada setiap waktu sembahyang, tidak putus-putus.

Subhanallah, begitu hebat dan agungnya Islam! Kalaulah setiap kawasan boleh memasang pengeras suara, akan bergetar satu dunia dengan alunan Azan yang tidak putus-putus.

Allahu Akbar!

Leave a Reply