browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Jalan Sepeda Santai HA IPB 2011

Posted by on July 11, 2011

Minggu 10 Juli 2011 Himpunan Alumni IPB bersama sivitas akademika IPB menggelar acara Jalan Sepeda Santai  (JSS) dalam rangka kegiatan kampanye “Gemari Buah Lokal”.  Dalam kegiatan tersebut lebih dari lima ribu keluarga besar sivitas akademika dan alumni IPB, dan masyarakat umum baik dari wilayah Jakarta dan seluruh Indonesia, ikut memeriahkan acara tersebut. Ketua Himpunan Alumni IPB Said Didu mengatakan kegiatan jalan dan sepeda santai merupakan momentum perdana untuk mendorong para pemangku kepentingan bersama-sama mengangkat harkat dan martabat produk dalam negeri, khususnya buah Indonesia. “Akan ada program lanjutan yang akan dilaksanakan secara intensif dan sistematis agar buah Indonesia mampu berjaya di negeri sendiri,” katanya.

Acara jalan sepeda santai diawali dengan kegiatan Peluncuran gerakan “Gemar Buah Indonesia” yang ditandai dengan “belah” miniatur buah durian oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Pertanian Suswono dan Rektor IPB Herry Suhardiyanto di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Program “Gemar Buah Indonesia” bertujuan untuk makin meningkatkan konsumsi buah lokal di pasar domestik.

Kampanye “Gemar Buah Indonesia” akan berlangsung terus sepanjang 2011-2012 dengan beberapa program seperti  mengusulkan Hari Jumat sebagai Hari Buah Nasional, advokasi konsumsi buah lokal di lembaga-lembaga negara, instansi pemerintah, industri makanan dan minuman, hotel, katering, dan retail.

Kampanye juga bertujuan mendorong penerapan standar nasional Indonesia (SNI) buah Indonesia, penerapan standar kualitas bagi buah impor, mendorong kebijakan fiskal terhadap buah lokal Indonesia melalui pengenaan bea masuk lebih tinggi bagi buah impor, mendorong pemerintah memperbaiki tata niaga dan infrastruktur produksi dan perdagangan buah.

Kampanye juga mendorong lahirnya wirausaha baru petani dan pedagang buah lokal Indonesia dengan berbagai program. Kegiatan yang didukung alumni Institut Pertanian Bogor itu, juga mendorong pengembangan kebun buah. Saat ini jumlah kebun buah yang terdaftar pada Direktorat Jenderal Hortikultural Kementerian Pertanian berjumlah sekitar 2000 kebun dan sudah menerapkan “Good Agriculture Practice”. Kebun buah ini diharapkan agar lebih berdaya saing bisnis dan menjadi inkubator bisnis bagi wirausaha baru bidang produksi dan perdagangan buah lokal.

Rute Jalan Sepeda Santai (JSS) dibagi dalam dua kelompok. Untuk kelompok sepeda rutenya cukup membuat betis dan dengkul pegal-pegal karena cukup jauh yaitu dari Senayan – Sudirman – Bundaran HI – terus menuju bundaran dekat patung kuda – kembali berputar – Sudirman – Senayan. Adapun untuk jalan kaki, rutenya adalah Senayan- Sudirman – putaran sebelum budaran HI – kembali Sudriman – Senayan.

Sebelum gowes sepeda, seluruh peserta dengan seragam kaos dan topi orange hijau mendapat suplai bubur kacang hijau gratis, dan buah segar. Ditengah jalanpun peserta disuguhi buah segar dingin mak nyus… Demikian pula ketika selesai acara, para peserta jalan dan sepeda santai mendapatkan sebuah bibit buah Indonesia seperti Jambu, Rambutan atau Mangga.  Selain itu, acara ini juga disemarakkan  oleh Pasar Tani dan Pameran produk buah lokal Indonesia. Alhamdulillah acara ini cukup menyenangkan. Acara-acara kebersamaan serupa semoga terus dipertahankan sehingga kiprah HA IPB makin dikenal dan terus tetap dikenal oleh masyarakat luas. Hidup alumni IPB dan hidp IPB…. (Disusun oleh Upik Kesumawati Hadi, Bagian Parasitologi dan Entomologi Kesehatan FKH IPB Bogor).

Siap-siap Gowes

Istirahat mejeng di dekat patung kuda

Leave a Reply