browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Alphitobius diaperinus

Posted by on August 11, 2011

Nama lain: Kutu Frengki (lesser mealworms)

Alphitobius diaperinus atau lebih dikenal oleh praktisi sebagai kutu frenki tergolong ordo Coleoptera. Ciri umum morfologi kumbang ini mempunyai sepasang sayap depan yang tebal dan berfungsi sebagai pelindung sayap belakang. Pasangan sayap tebal ini disebut eliteron, dan dalam keadaan istirahat, bertemu pada satu garis lurus ke mediodorsal (bagian tengah atas). Pasangan sayap belakang tipis dan bening, dengan posisi terlipat di bawah elitera. Bagian-bagian mulut kumbang ini berfungsi untuk menggigit dan mengunyah. Serangga ini mengalami metamorfosis sempurna dari telur berubah menjadi larva, pupa dan akhirnya dewasa.

Meskipun sesungguhnya serangga ini tergolong kumbang, tetapi masyarakat lebih mengenalnya sebagai frenki atau kutu frengki. Frengki saat ini banyak menjadi hama dan masalah pada peternakan ayam. Ia banyak ditemukan secara berkelompok dalam jumlah banyak di manur (sisa pakan yang telah tercampur urin dan kotoran), gudang pakan, makanan ayam. Frengki ini memakan tepung, beras, kedelai, dan kacang-kacangan, serta makanan ayam yang lembab dan telah berjamur yang banyak terdapat di sekitar peternakan ayam.

Kumbang Alphitobius diaperinus meletakkan telurnya pada alas (litter) atau kolong kandang, atau gudang pakan di sekitar kompleks peternakan ayam.Telurnya berukuran 1.5 mm berwarna krem keputihan, diletakkan pada celah dan retakan di dalam manur atau litter. Telur akan menetas dalam waktu 3 sampai 6 hari menjadi larva. Larva bentuknya beruas-ruas dan mempunyai tiga pasang kaki. Larva berwarna kekuningan sampai coklat. Larva ini akan menembus kayu-kayu kandang, panel, dinding dan selubung kabel, bahkan bisa berpindah ke bangunan yang ada di sekitarnya.

Makalah Lengkap dalam bentuk PDF : Alphitobius diaperinus (frenki, kutu frenki)

Alphitobius diaperinus, dewasa

Frengki di sekitar peternakan ayam

 

Leave a Reply