browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Renungan Jumát 15/11

Posted by on December 23, 2011

Apakah kita, manusia, tidak tahu bahwa  setan itu sungguh sangat terkutuk, pengkhianat?  Hanya Al Quran yang mampu membuka rahasia-rahasia besar yang terjadi di akhirat kelak.  Dalam QS Ibrahim: 22, dikatakan bahwa pada saat hari perhitungan atau hisab telah diselesaikan  setan berkata : “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu namun aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekadar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku. Oleh sebab itu, janganlah kalian mencerca aku. Cercalah diri kalian sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolong kalian dan kalianpun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatan kalian mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu”.

Demikianlah, betapa jahatnya setan dan betapa lemahnya manusia. Mudah sekali digoda, dirayu, dan akhirnya dikuasai setan. Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya setan itu mengalir dalam diri anak Adam laksana aliran darah (HR Bukhari dan Muslim).”   Oleh karena itu beliau mengingatkan agar kita berhati-hati terhadap godaan dan jebakan setan. Hanya Allah yang mampu melindungi kita. “Jika engkau ditimpa suatu godaan setan, maka berlindunglah pada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”(QS Al A’raf : 200)

Leave a Reply