browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Renungan Jumát 16/12

Posted by on January 20, 2012

Sudahkan kita melakukan refleksi dan resolusi di tahun baru ini (2012)?
Refleksi adalah renungan  yang jujur terhadap diri kita, yang dalam bahasa agama dikenal dengan istilah muhasabah. Renungan yang berisi evaluasi diri dengan harapan masa depan lebih baik adalah suatu hal yang sangat dianjurkan, sebagaimana Umar bin Khattab RA berkata “Buatlah perhitungan mengenai dirimu, sebelum kamu dihitung, dan timbanglah amalmu sebelum kamu ditimbang”.
Refleksi yang tidak jujur dapat menyesatkan, karena akan menghasilkan rekomendasi yang salah, atau keputusan yang salah. Artinya akan mempengaruhi resolusi atau keputusan besar dan berani yang harus diambil dan dilakukan untuk meraih sukses masa depan.

Resolusi merupakan langkah berikut dari refleksi. QS Al Hasyr 18 memuat tiga hal pokok, pertama perlu memiliki visi yang jauh ke depan. Visi orang mukmin sangat jauh, tak hanya antar generasi tetapi lintas batas, trans dunia. Kedua sesuai visi tersebut, kita perlu memiliki rencana-rencana besar dalam hidup. Keberhasilan perlu direncanakan karena tanpa rencana harus siap menerima kegagalan. Ketiga kita perlu mengetahui jalan keberhasilan agar kegagalan dimasa lalu tidak terulang. Dalam Islam jalan keberhasilan adalah taqwa. Siapa menempuh jalan  taqwa ia akan meraih sukses (QS Al Syams 9). Sudahkah  kita bersungguh-sungguh dalam kebaikan dan taqwa kepada Allah swt..

Leave a Reply