browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pantai Tanjung Bira

Posted by on January 23, 2012

Pantai Tanjung Bira adalah satu di antara pantai yang sangat indah di Indonesia. Letak pantai ini di wilayah Bulukumba, kira-kira 42 km dari ibu kota Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dari kota ini kira-kira satu jam dengan kendaraan mobil. Kalau perjalanan dari Kota Makassar jaraknya sekitar 200 km, sekitar 3 –  3,5 jam sampai ke pantai yang memiliki pasir putih halus seperti terigu. Lautnya tampak bening, jernih  sehingga menunjukkan panorama alam yang indah.

Di pantai ini,  kita dapat berenang, berjemur, diving dan snorkling. Tanjung Bira memiliki biota laut yang menarik, ikan hias dan terumbu karang yang indah dan menakjubkan. Kitapun  dapat menyaksikan  terbit dan terbenamnya matahari di satu posisi yang sama, serta dapat menikmati  keindahan dua pulau yang ada di depan pantai ini, yaitu Pulau Liukang dan Pulau  Kambing. Dari sini juga kita dapat menyaksikan perahu layar tradisional mengarungi lautan, dan pada waktu-waktu tertentu akan terlihat lumba-lumba melompat di atas permukaan air.

Tanjung bira terdapat di kecamatan Bonto Bahari, merupakan gerbang penghubung pulau Sulawesi dengan pulau Selayar. Siapapun yang akan mengunjungi pulau Selayar maka akan melewati pantai yang indah ini. Alhamdulillah sekarang ini tidak hanya turis domestik yang mengunjungi pantai ini, banyak turis manca negarapun sudah banyak datang mengunjunginya. Dalam perjalanan menuju pantai inipun kita dapat singgah ke daerah khusus tempat pembuatan kapal laut .  Subhanallah. (Upik Kesumawati Hadi,  Maret 2011)

Full Paper in PDF: Pantai Tanjung Bira

 

Pantai Bira

 

Pantai Pasir Putih Tanjung Bira

 

Leave a Reply