browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Danau Maninjau nan Indah Menawan

Posted by on January 31, 2012

Satu di antara danau terkenal di Sumatera Barat adalah Danau Maninjau. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km mulai dari Embun Pagi sampai ke Maninjau.

Danau Maninjau adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau dengan luas sekitar 99,5 km2 dengan kedalaman mencapai 495 meter ini merupakan danau terluas kesebelas di Indonesia, dan terluas kedua di Sumatra Barat.

Danau Maninjau  merupakan danau vulkanik , berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut, dikelilingi oleh bukit yang menyerupai dinding. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang.  Anda dapat menikmati keindahan dan eksotisme danau ini dari Puncak Lawang dan Embun Pagi.   Subhanallah betapa indahnya ciptaan Allah SWT  ( Upik Kesumawati Hadi, Januari 2012 )

Full Paper in PDF : Danau Maninjau nan Indah Menawan

 

Danau Maninjau dari Puncak Lawang, Januari 2012

 

Danau Maninjau dari Embun Pagi

 

Leave a Reply