browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Renungan Jumát 17/12

Posted by on February 3, 2012

Saling memuliakan, saling mencintai dan menghormati saat ini terasa semakin menjauh. Yang banyak kita saksikan sekarang adalah saling merendahkan, saling menghujat satu sama lain. Sungguh menyedihkan!  Padahal Islam adalah agama yang sangat menghargai ilmu pengetahuan dan memuliakan orang-orang yang berilmu (ulama). Dalam AL Qurán dikisahkan Nabi Adam AS mengalahkan para malaikat yang notabene adalah pesaing terberatnya. Nabi Adam lebih unggul daripada malaikat karena ilmu atau potensi intelektualitasnya (QS Al Baqoroh 30). Allah SWT juga memberikan kemuliaan kepada para ulama beberapa derajat (QS AL Mujadilah 11).

Setiap muslim seharusnya menghormati dan mencintai keluarga Nabi Muhammad SAW. Dalam setiap shalat kita diwajibkan agar bershalawat kepada Nabi kita dan keluarganya. Ällahumma shalli ála Muhammad wa ála ali Muhammad. Bahkan dalam AL Qurán dituliskan bahwa Allah melimpahkan rahmat dan keberkahan kepada keluarga Nabi. “Para malaikat itu berkata: Äpakah kamu merasa heran tentang ketetapan ALLah? Itu adalaha rahmat ALLah dan keberkahanNya, dicurahkan atas kamu, Hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah.” (QS Hud 73).

Rasulullah saw bersabda: “Barang-siapa yang membaca shalawat kepada-ku sekali, Allah akan memberikan balasan shalawat kepadanya sepuluh kali.”[HR. Muslim 1/288.]. Rasul saw juga bersabda: “Tidaklah seseorang mengucapkan salam kepadaku kecuali Allah mengembalikan ruhku kepadaku sehingga aku membalas salam(nya).” [Abu Daud no. 2041]. Dalam riwayat lain, “ Siapa yang bershalawat kepadaku satu shalawat, maka Allah akan bershalawat padanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ditingggikan derajatnya sepuluh derajat”.  Wallahu a’lam bisshawwab…

Leave a Reply