browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Ngarai Sianok

Posted by on February 6, 2012

Kalau anda mengunjungi kota Bukit Tinggi, jangan lupa singgah ke Taman Panorama. Dari taman ini anda akan menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Disini anda disuguhi keindahan alam, ciptaan Allah Swt yaitu Ngarai Sianok yang sangat mempesona, bahkan sering dijadikan bahan imajinasi para pelukis, dan diabadikan oleh para wisatawan untuk diambil foto-fotonya.

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam (jurang) yang indah, hijau dan subur. Di dasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Sungai Sianok atau Batang Masang  ini airnya jernih. Dahulu pada zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai kerbau sanget, karena waktu itu banyak kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai.

Di tepi ngarai banyak dijumpai tumbuhan hijau dan tanaman langka seperti rafflesia dan tanaman obat-obatan. Adapun fauna yang banyak anda dijumpai adalah monyet ekor panjang. Monyet ini banyak berkeliaran di sekitar taman. Selain itu,  menurut cerita orang sekitar terdapat juga siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, serta tapir. (Upik Kesumawati Hadi, Januari 2012).

Paper in PDF : Ngarai Sianok

Ngarai Sianok dan Gunung Merapi

Ngarai Sianok dan Gunung Singgalang

 

Leave a Reply