browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Air Terjun Lembah Anai

Posted by on February 9, 2012

Anda akan menemukan Air terjun Lembah Anai dengan mudah setiap kali melewati jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Letaknya persis di pinggir jalan, siapapun yang melewatinya pasti akan merasakan sensasi keindahan yang luar biasa. Subhanallah…

Air terjun ini termasuk ke dalam kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai. Untuk mencapai kawasan ini anda perlu waktu sekitar 1,5  jam dengan berkendaraan mobil dari Bandar Udara Minangkabau Padang. Kawasan Lembah Anai terkenal dengan bukit dan jurangnya yang terjal, penuh dengan pohon-pohon besar yang menutupi bukit barisan di sekelilingnya, serta air terjun dan sungai Batang Anai yang cantik. Air terjun Lembah Anai dan air sungai Batang Anai di antaranya berasal dari Gunung Singgalang yang terletak di bagian utara dan anak-anak sungai dari Gunung Merapi yang mengalir melalui Kota Padang Panjang. Airnya menerobos Bukit Barisan yang menjadi air terjun Lembah Anai. Batang Anai juga menampung hampir semua air yang datang dari lereng bagian barat bukit barisan.

Di Kawasan Lembah Anai juga anda dapat melihat sisa peninggalan zaman penjajahan Belanda, yaitu jalur kereta api dengan rel bergerigi. Lokomotif kereta apinya juga lokomotif khusus untuk rel bergigi. Ini diperlukan untuk rel yang menanjak tajam seperti melewati kawasan Lembah Anai yang tinggi dan terjal. Untuk melintasi Lembah Anai yang terjal, dibangun beberapa jembatan untuk Kereta Api. Salah satunya jembatan plat baja sepanjang 50 meter dan sangat tinggi melintasi kawasan hutan Lembah Anai dan Sungai Batang Anai di bawahnya. Jalur kereta api ini menghubungkan Pelabuhan Teluk Bayur di Padang ke Sawahlunto, ia melewati Lembah Anai, Padang Panjang, tepian Danau Singkarak dan terus ke Kota Sawahlunto. Tetapi, nampaknya jalur kereta api yang selesai dibangun 1881, saat ini tidak dilewati?.  (Upik Kesumawati Hadi, Januari 2012)

Paper in PDF  :Air Terjun Lembah Anai

Sungai Batang Anai dan Jembatan Kereta Api

 

Air Terjun Lembah Anai

 

Sekitar Air Terjun Lembah Anai

Leave a Reply