browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Semut Pengganggu di Sekitar Permukiman

Posted by on May 9, 2012

 

Semut-semut di permukiman adalah kelompok serangga pengganggu yang dijumpai di sekitar tempat tinggal manusia di berbagai belahan dunia. Sebagian besar orang tidak begitu perhatian dengan peranan semut, tetapi tidak bagi orang yang bergerak dalam industri makanan seperti katering, restoran, warung makan dan lain-lainnya. Semut jelas sangat mengganggu bagi mereka, oleh karena itu dengan berbagai upaya merekapun berusaha untuk mengendalikannya agar bebas dari gangguan semut.

Beberapa jenis semut selain sebagai pengganggu, juga dilaporkan berpotensi sebagai vektor mekanik berbagai macam penyakit manusia seperti TBC. Bahkan, semut juga dapat menembus perban luka dan peralatan steril lain yang terdapat di rumah sakit (Beatson, 1972). Hasil kuisoner yang dilakukan di 814 rumah tangga di Penang Malaysia, menyatakan bahwa semut merupakan pengganggu utama setelah nyamuk dan kecoa (Lee et al. 1999).

Meskipun peranan semut dari segi kesehatan sangat penting, tetapi publikasi tentang semut permukiman di Indonesia belum banyak diteliti. Hadi (2000, 2007) menyebutkan  beberapa jenis semut permukiman yang umum dijumpai di Indonesia adalah Monomorium pharaonis, Solenopsis molesta, Tapinoma sessile, dan Solenopsis spp. Pengenalan terhadap jenis-jenis semut yang dapat menjadi hama permukiman penting dilakaukan. Dengan mengenal jenis semut dan perilakunya maka upaya pengendalian menjadi lebih tepat sasaran dan efisien. penelitian berikutnya.

Di dalam upaya mengenali jenis-jenis semut maka langkah awal yang harus dipelajari adalah mengenal anatomi tubuh semut. Semut pekerja dipilih untuk landasan identifikasi karena merupakan kasta terbanyak yang umum dijumpai oleh pemukim maupun petugas pengendali hama permukiman. Bagaimana bentuk morfologi semut, silakan anda buka file dalam bentuk PDF yang ada dibawah ini.

Makalah dalam bentuk PDF: Glosari morfologi semut

 

  Struktur Tubuh Semut

 

Leave a Reply