browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Vector Control di Timika Papua

Posted by on June 1, 2012

Tanggal 24-29 Mei 2012, kami dari Laboratorium Entomologi, Bagian Parasitologi dan Entomologi Kesehatan, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan IPB, mendapat kepercayaan dari Departemen Community Public Health dan Malaria Control PT Freeport Indonesia untuk melatih 38 orang karyawan nonstaf di bidang Entomologi Kesehatan. Karyawan tersebut mempunyai latar belakang pendidikan non kesehatan tetapi telah bekerja kurang lebih 3-13 tahun dalam program  vector control khususnya vektor malaria dengan menggunakan metode fisik, biologi, dan kimiawi, serta terlibat dalam kegiatan laboratorium Entomologi.

Pelatihan on site atau inhouse training on Medical Entomology berlangsung  dalam bentuk tatap muka di di dalam kelas dan praktek lapangan. Materi yang diberikan  berupa nyamuk dan penyakitnya, bioekologi nyamuk, identifikasi nyamuk, teknik survei nyamuk malaria dan nyamuk demam berdarah, teknik penentuan umur nyamuk, hama permukiman (bioekologi lalat dan kecoa/lipas), pengenalan golongan insektisida, formulasi dan aplikasi, pengenalan peralatan  aplikasi insektisida (hot dan cold foger), alat pompa kompresor untuk penyemprotan residual, serta praktek survei jentik nyamuk malaria dan demam berdarah di sekitar Timika, dan praktek menjalankan mesin dan alat aplikasi di Base camp PT Freeport Indonesia.

Instruktur yang terlibat dalam pelatihan tersebut adalah Upik Kesumawati Hadi, Susi Soviana, Supriyono dan Musphyanto Chalidaputera. Selama pelaksanaan pelatihan kami sebagai instruktur mendapatkan banyak pelajaran terutama dalam mengenal cara dan perilaku belajar masyarakat Papua dari dekat secara langsung. Mereka sangat antusias dalam segala hal, terutama ketika mereka mengetahui masalah yang dikuasainya. Subhanallah, Luar biasa…. rasanya suatu anugerah yang tak ternilai dapat berbagi, belajar, menyanyi dan berinteraksi dengan masyarakat asli Papua dan non Papua yang telah lama bekerja di lingkunan PT Freeport Indonesia.    (Upik Kesumawati Hadi, PS Parasitologi dan Entomologi Kesehatan Sekolah Pascasarjana IPB Bogor,  jl Agatis Kampus Darmaga FKH IPB)

Laporan Kegiatan Pelatihan Vector Control dalam PDF: Vectorl Control di Timika Papua

Berikut ini beberapa foto berlangsungnya  kegiatan pelatihan…

Leave a Reply