browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Kuala Kencana Kota Maju di Rimba Papua

Posted by on June 11, 2012

Bulan Juni 2012 yang lalu, saya mendapat kesempatan mengunjungi Timika, ibukota Kabupaten Mimika Provinsi Papua. Untuk menuju kota ini kami menggunakan pesawat Air Fast dari Bandara Soekarno Hatta dengan dua kali transit yaitu di Denpasar dan Makassar, dan mendarat di Bandara Internasional Mosez Kilangin di Timika. Kota Timika berkembang sangat pesat berkat adanya pengelolaan tambang PT Freeport Indonesia. Dua distrik yang sangat populer di daerah ini adalah Kuala Kencana dan Tembagapura

Kuala Kencana adalah sebuah distrik setingkat kecamatan yang menunjukkan sbuah kota di rimba papua yang paling maju layaknya bak sebuah kota di negara maju. Tamannya sangat luas tertata rapi, bersih dan cantik, dilengkapi dengan danau-danau buatan yang asri.  Kota ini diresmikan pada 5 Desember 1995 oleh Presiden Soeharto, dan dikelola sepenuhnya oleh PT. Freeport Indonesia. Di kota ini terdapat beberapa bangunan kompleks Perkantoran, kompleks Permukiman dengan segala fasilitas untuk memenuhi hajat hidup pemukim, seperti restoran, supermarket, salon kecantikan, dan lainnya. Sekolah, klinik, masjid, gereja, bererapa fasilas fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan basket, lapangan golf, dan lainnya.

Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem saluran air kotor yang lalu disalurkan ke pusat pengelolaan limbah. Air keran yang terdapat di lingkungan kompleks permukiman semua dapat diminum secara langsung.

Adapun lokasi pertambangan terdapat di distrik Tembagapura. Di kecamatan ini terdapat dua gunung yang merupakan dua area tambang terbesar di Indonesia, yaitu tambang Ertsberg (tambang tembaga) di Gunung Erstberg, dan tambang Grasberg di Gunung Grasberg yang merupakan tambang dengan cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia. Kedua tambang ini dikelola oleh PT. Freeport Indonesia (Upik Kesumawati Hadi, Bagian Parasitologi dan Entomologi Kesehatan, Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor, Jln Agatis Kampus Darmaga Bogor)

Laporan Perjalanan dalam PDF: Kuala Kencana Kota di Rimba Papua

 

 

Leave a Reply