browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Resensi Buku: Persembahan untuk Anak Istimewa

Posted by on August 1, 2012

Judul: Persembahan untuk Anakku, Perjuangan Penyembuhan Autisme Melalui Terapi Lumba-lumba | Penulis: Upik Kesumawati Hadi & Ikatan Keluarga Istimewa (IKI) | Penerbit: Arga Publishing | Tebal: 126 halaman | Terbit: April 2008

Autisme adalah suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Akibatnya anak tersebut terisolasi dari manusia lain dan masuk dalam dunia repetitive, aktivitas dan minat yang obsesif.

Buku ini merupakan sebuah bentuk komitmen untuk bersama-sama mempersiapkan masa depan yang lebih baik untuk anak-anak penyandang autis. Para orangtua penyandang autis sangat memerlukan pedoman untuk mengeatahui dengan baik bagaimana cara mengidentifikasi gejala autis dan pemilihan penangan yang tepat.

Orangtua anak-anak penyandang autis ini cenderung menjadi panik melihat kondisi anak-anaknya, dan akibat informasi yang terbatas, segala cara ditempuh untuk membuat anaknya tumbuh layaknya anak normal. “Kepanikan” inilah yang seringkali menjadi magsa empuk sebagian orang untuk mengeksploitasi penderitaan orangtua dan anak autis ini menjadi lahan basah berbisnis.

Terapi autis dengan lumba-lumba adalah salah satu alternatif yang dapat dipertimbangkan oleh orangtua anak-anak istimewa. Namun, sosialisasinya yang masih minim menyebabkan terapi ini belum dikenal luas oleh masyarakat. Penelitian lebih mendalam tentang terapi ini pun  belum dilakukan lebih lanjut di Indonesia sehingga apa  yang dituliskan dalam buku ini adalah pengalaman-pengalaman baru yang menginspirasi.

Ditulis dalam gaya bertutur yang menyentuh, buku ini berasal dari tulisan tangan orang-orang yang terlibat langsung dalam proses terapi. Buku ini dapat menjadi rujukan yang menarik dan mencerahkan para orangtua anak-anak istimewa, terapis, psikiater, dan khalayak umum hingga dapat memahami anak-anak autis dengan lebih bijak sekaligus menambah wawasan dalam menangani masalah autisme. Membaca buku ini, Anda makin tersadarkan akan kekuatan tersembunyi di balik perjuangan para orangtua individu autistik ketika berusaha meraih secercah cahaya.

Mudah-mudahan uraian terapi dengan lumba-lumba dalam buku ini menjadi satu sumbangan yang tepat dan bernilai, memudahkan para orangtua anak-anak istimewa memanfaatkan potensi alam yang tersedia, sehingga terapi lumba-lumba dapat dimanfaatkan oleh penyandang autis dengan biaya yang murah. (Baihaqi Nu’man 2010)

Resensi in PDF: Persembahan untuk Anakku, Perjuangan Penyembuhan Autisme Melalui Terapi Lumba-lumba

Carla Henco, terapis lumba-lumba untuk anak autis

Leave a Reply