browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Resensi Buku: Ektoparasit: Pengenalan, Identifikasi dan Pengendaliannya

Posted by on August 5, 2012

Judul buku: Ektoparasit: Pengenalan, Identifikasi dan Pengendaliannya, Penulis: Upik Kesumawati Hadi dan Susi Soviana, Tahun terbit: 2010, ISBN: 9789794933015, Jumlah halaman: 228, Ukuran: 15 x 23, type: Soft Cover, Penerbit IPB Press Bogor. Indonesia.

Ide penulisan buku ini dipicu oleh kenyataan bahwa buku ajar Parasitologi yang beredar saat ini, belum dapat sepenuhnya memenuhi keinginan mahasiswa, dosen, peneliti atau pemerhati yang ingin memperoleh informasi lengkap tentang ektoparasit dan penanganannya. Penulis seringkali mendapat pertanyaan dari mahasiswa dan praktisi lapangan tentang hal-hal yang berkaitan dengan ektoparasit dan penanganannya. Kebanyakan mereka belum memahami ektoparasit dengan baik, meskipun sebenarnya mereka memiliki dasar pengetahuan parasitologi umum.

Buku ini mencoba mengungkapkan permasalahan ektoparasit dengan lebih runut. Pengungkapannya diawali dengan penguraian berbagai jenis ektoparasit yang banyak menyerang hewan dan manusia, serta klasifikasinya. Setelah itu diikuti oleh penjelasan perilaku dan daur hidupnya mulai dari telur hingga dewasa. Selain itu peranannya sebagai ektoparasit pengganggu atau penular berbagai agens penyakit juga diungkapkan secara rinci. Pengetahuan biologi ektoparasit ini penting karena merupakan dasar pengetahuan bagi munculnya berbagai teknik penanganan dan pengendalian ektoparasit, yang keduanya juga dijabarkan secara berurutan pada bab-bab berikutnya.

Pengamatan penulis ketika  berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia menunjukkan bahwa praktisi di lapangan sangat memerlukan informasi yang lengkap tentang pengenalan ektoparasit, diagnosis, dan cara penanggulangan yang benar. Urutan bahan yang dipaparkan dalam buku ini dibuat secara nalar. Akan tetapi masih perlu dibuktikan apakah buku ini mampu menjawab tuntutan yang diinginkan oleh para pemakai buku ini. Sekurang-kurangnya, buku ini menunjukkan bahwa penulis ingin memberikan pilihan bagi yang menghendaki informasi mendalam tentang ektoparasit.

Buku ini disajikan untuk tingkat perguruan tinggi, baik untuk mahasiswa jenjang S1. S3 atau S3, dosen, peneliti atau pemerhati bidang parasitologi, khususnya ektoparasit. Mungkin juga buku ini bermanfaat bagi guru biologi di sekolah menengah tingkat atas sebagai bahan pembanding atau rujukan. Tujuannya tercapai apabila setelah membaca buku ini pembaca mampu memanfaatkannya sesuai dengan keperluannya, tanpa harus mempelajari secara berurutan sesuai dengan urutan buku ini. Tulisan ini bukanlah sebagai ilmu parasit secara umum, tetapi semata-mata disusun sebagai alat  penunjang diagnosa dan bahan pertimbangan dalam pengendalian ektoparasit.

Kelebihan buku ini adalah penyampaiannya dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti, dilengkapi dengan padanan kata serta takarir atau glosari. Penyampaian ini juga dilengkapi dengan beberapa ilustrasi berupa gambar atau foto yang dapat memudahkan pembaca unutk membayangkan ektoparasit yang dimaksud (Upik Kesumawati Hadi).

Bagi yang berminat dapat menghubungi Laboratorium Entomologi, Bagian Parasitologi dan Entomologi Kesehatan Departemen IPHK FKH IPB telpon 0251 8421784 atau di toko-toko buku Gramedia.

Resensi dalam PDF          :Resensi Buku Ektoparasit Pengenalan Identifikasi dan Pengendaliannya

 

 

Leave a Reply