browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Bukit Tasi Tolu di Timor Leste

Posted by on September 26, 2012

Satu di antara daerah yang banyak dikunjungi orang di Timor Leste adalah Bukit Tasi Tolu. Di bukit ini bila anda naik ke atas melewati anak tangga yang cukup tinggi, di sana terdapat satu patung besar dan menarik yaitu Patung Papa Jaou Paulo II. Patung ini dibangun tepat di tempat mendaratnya Paus J Paulus II ketika mengunjungi Timor Leste. Di sekitar area ini dibangun pula gereja yang cukup besar dan indah.

Yang menarik dari bukit ini adalah anda dapat melihat pemandangan yang cukup indah, sebelah kiri anda dapat melihat lautan luas yang terbentang dengan sangat tenang dan sebelah kanan anda dapat melihat area jalan menuju distrik  Likisa wilayah Timor Leste bagian Timur. Dari bukit tampak tiga buah danau yang cukup luas dan tenang yang disebut Danau Tasi Tolu.  Sayangnya saat saya berkunjung kesana siang hari sekitar jam dua  di hari Minggu, saat itu cuaca sangat panas terik dan kering, sehingga tidak tahan berlama-lama di sana.

Sekarang ini suasana bukit ini juga masih relatif sepi, tidak ada penjaja makanan ataupun minuman. Oleh karena itu pastikan membawa perbekalan kalau anda ingin berlama-lama menikmati angin yang bertiup di atas bukit Tasi Tolu dan menikmati indahnya pemandangan dari atas bukit. Saat ini siapapun yang berkunjung ke sana masih gratis. Tampaknya sektor pariwisata belum banyak  tergarap oleh pemerintahan Timor Leste. (Upik Kesumawati Hadi IPB Bogor)

Tulisan dalam PDF: Bukit Tasi Tolu Timor Leste..

Tangga menuju tempat patung Paus J Paulus II

Tampak Danau Tasi Tolu dari atas bukit

Tampak laut dari atas bukit Tasi Tolu

Patung Paus J Paulus II di bukit Tasi Tolu

Tulisan yang tertera dalam monumen di bukit Tasi Tolu

Leave a Reply