browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Serangga Pengganggu Kesehatan (Nyamuk, Lalat, Kecoa, Semut, Labah-labah)

Posted by on November 22, 2012

Serangga Pengganggu Kesehatan (Nyamuk, Lalat, Kecoa, Semut, Labah-labah)

 Oleh Upik Kesumawati Hadi, Bagian Parasitologi & Entomologi Kesehatan, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor.

Nyamuk, lalat, kecoa, semut, dan labah-labah merupakan mahluk hidup yang tidak asing lagi bagi kita, karena hidup berdampingan dengan manusia di sekitar permukiman. Sesungguhnya mahluk ini tidak diinginkan kehadirannya, karena keberadaannya memberikan reputasi buruk bagi pemukim. Keberadaan mahluk ini di rumah dapat mengganggu dan menyebarkan berbagai penyakit dan alergen, dan bila dijumpai di restoran dan hotel berbintang dapat menurunkan reputasi posisi mereka.

Bagaimana artropoda pengganggu tersebut menjalankan aktifitas kehidupannya, mulai dari kecil hingga dewasa, dan perilakunya di sekitar permukiman, berikut ini akan diuraikan. Mengenal perikehidupan suatu mahluk pengganggu merupakan hal yang sangat mendasar, apabila kita berupaya ingin menyingkirkan dan mengendalikan mahluk tersebut dari permukiman manusia.

Bagaimana perikehidupan serangga-serangga pengganggu tersebut, bagaimana langkah-langkah yang diperlukan untuk mengendalikannya, silakan anda lanjutkan dengan membaca tulisan berikut dalam bentuk PDF dibawah ini….

Tulisan lengkap dalam bentuk PDF:  Serangga Pengganggu Kesehatan (Nyamuk Lalat Lipas Semut Labah-Labah)

Leave a Reply