browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pantai Lasiana

Posted by on December 9, 2012

Dua puluh satu tahun yang lalu saya pernah mengunjungi Pantai Lasiana yang saat itu masih alami. Kini pada kunjungan yang kedua saya melihat sudah banyak perubahan terutama dalam pengelolaan. Kalau dulu masuk dengan bebas, sambil menikmati jagung bakar plus sambel cabe rawit yang dijajakan oleh penduduk sekitar. Saat ini Pantai Lasiana sudah menjadi kawasan wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah Kota Kupang. Kalau masuk kita harus membayar karcis, meskipun tampaknya pengelolaan belum maksimal.

Pantai Lasiana terletak di wilayah ujung timur tepatnya 12 km dari kota kupang di Nusa Tenggara Timur. Pantai Lasiana masuk dalam wilayah Teluk Kupang. Pantainya berpasir putih halus, airnya jernih dan biru dengan debur ombak yang bergulung-gulung kecil dan tenang. Pantai ini memiliki kedalaman yang dangkal sehingga sangat cocok sebagai wilayah wisata keluarga. Anak-anak dan orang dewasa dapat bermain di pantai dengan tenang. Bisa juga berjalan-jalan, berenang dan mandi di tepi pantai atau hanya sekedar berjemur dan bermain bola atau lainnya. Pada bagian barat pantai terdapat area perbukitan, sehingga keseluruhan kawasan ini mempunyai variasi unik, yaitu perpaduan antara perbukitan dan pantai. Selain itu, yang unik disini adalah terdapatnya deretan pohon lontar yang menghiasi Pantai Lasiana, sementara di ujung barat dan timur pantai masih ditumbuhi semak belukar yang mengesankan pantai ini masih belum banyak dijamah.

Di wilayah Pantai Lasiana saat ini sudah dibangun saung-saung tempat duduk yang oleh masyarakat setempat menyebutnya lopo-lopo. Lopo-lopo ini tiangnya dari batang pohon kelapa, atapnya menggunakan ijuk dari lontar dan alang-alang.  Pengunjung bisa duduk-duduk disini sambil menikmati semilirnya angin pantai. Lebih nikmat lagi kalau anda memesan jagung bakar oles sambel rawit, pisang bakar, es kelapa muda, atau buah lontar di warung sekitar pantai. (Upik Kesumawati Hadi, Desember 2012).

Tulisan dalam PDF:  Pantai Lasiana

Pantai Lasiana

Bentangan pasir putih nan halus..

Air kelapa muda dan buah lontar nan nikmat

Leave a Reply