browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Gedung PIA

Posted by on December 17, 2012

Gedung PIA adalah sebuah gedung Pusat Informasi Agribisnis yang letaknya di lingkungan perkantoran Kementrian Pertanian di Ragunan Jakarta. Gedung ini merupakan pusat promosi produk pertanian Indonesia, dan juga menjadi sarana edukasi serta rekreasi bagi generasi muda. Saya sendiri baru mengetahui keberadaan gedung ini ketika harus menghadiri undangan pertemuan dari Direktorat Pupuk dan Pestisida Kementan yang akan membahas Sosialisasi Kebijakan Penggunaan Pestisida kepada Lembaga-lembaga Pengujian Efikasi, Mutu dan Toksikologi Pestisida. Sungguh menyedihkan ya..saya baru mengetahui keberadaan gedung bagus ini. Begitu ketemu gedung PIA, saya kagum sekali dengan keindahan dan desain bangunan  yang unik baik di dalam maupun di luar gedung.

Yang unik dari gedung itu adalah bentuknya seperti piramida menyerupai bangunan Lourve di Paris. Karena sebagai pusat promosi, desain bangunan dilengkapi dengan ruang displai, hall pameran, ruang meeting, dan museum serta teater. Kabarnya gedung ini diresmikan tahun 2009 dan dibangun atas inisiatif dari bapak Anton Apri antono, Menteri Pertanian sebelum M entan Suswono.

Setidaknya ada tiga kegiatan utama yang diharapkan dapat berlangsung secara berkesinambungan di dalam gedu ng PIA, yaitu Pertama adalah kegiatan yang sifatnya pembelajaran (edukasi), yaitu dengan tersedianya informasi yang mendukung dalam mengedukasi masyarakat umum, khususnya di bidang pertanian, antara lain berupa perpustakaan digital, koleksi peraga di bidang pertanian, koleksi tanaman di area luar gedung (out door) dan beberapa program multimedia yang menggambarkan pelaksanaan kegiatan pembangunan pertanian. Kedua adalah kegiatan layanan informasi tentang pelaksanaan program pembangunan pertanian secara menyeluruh yang dikemas dalam bentuk semi detail sebagai penunjang pengembangan bisnis di bidang pertanian. Layanan informasi ini diharapkan mampu memberikan gambaran iklim investasi yang kondusif dan prospektif, sehingga dapat memberi semangat kepada pemangk u kepentingan untuk meningkatkan investasinya  di sektor pertanian. Ketiga adalah kegiatan yang sifatnya rekreatif, yaitu dengan tersedianya berbagai peragaan baik dalam bentuk pameran atau display, maupun kegiatan yang telah dikemas dalam bentuk program multimedia. Di samping itu, disiapkan pula area rekreasi di luar gedung PIA yang berisi koleksi berbagai tanaman, serta lahan yang disediakan untuk bertanam tanaman pangan seperti padi, jagung, dan kedelai.

Silakan bagi yang belum mengetahui keberadaan gedung ini, anda bisa masuk menikmati taman out door dan indoor yang indah dan nyaman. Gedung ini milik publik, menjadikan area rekreasi dan edukasi dunia pertanian bagi siapapun yang ingin memanfaatkannya. (Disusun oleh Upik Kesumawati Hadi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor).

Tlisan dalam PDF:  Gedung PIA

Gedung PIA

Tampak kolam yang mengitari gedung PIA

Taman indoor gedung PIA

Pusat Pelayanan Informasi AgribisnisRak display produk-produk pertanian

Ruang display dalam bentuk informasi cetak

Rak yang berisi displai produk-produk pertanian

Ruang seminar yang nyaman

Lantai kaca bergambar aneka buah, tanaman dan bunga

Leave a Reply