browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Jembatan Suramadu

Posted by on December 24, 2012

Alhamdulillah akhirnya saya bisa melihat dan menyeberangi jembatan Suramadu. Beberapa kali ada kesempatan ke Surabaya saya tidak sempat melihat ataupun melewatinya. Kali ini berkat bantuan dan semangat dari kawan-kawan ASPPHAMI Jawa Timur, akhirnya angan-angan itu terwujud. Terima kasih Bu Andi, Pak Wachyu dan Pak Abeng yang telah mengantar kami hingga menyeberang jembatan  dari Surabaya hingga sampai ke pulau Madura.  Meskipun sesampai di pulau Madura kami putar balik ke arah Surabaya, bagi saya sudah cukup puas dapat  memantau keberadaan jembatan dan pemandangan yang ada di sekelilingnya.

Jembatan Suramadu tampak megah dan kokoh, serta merupakan  jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan pulau Madura dengan pulau Jawa (Surabaya), dengan panjang 5.438 meter  dan lebar 30 meter. Awal pembangunan jembatan ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada 2003 dan penggunaannya secara resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009. Jembatan ini sangat bermanfaat bagi semua baik warga Surabaya maupun Madura, karena sejak diresmikan hingga kini masyarakat tidak lagi direpotkan oleh upaya antri menunggu kapal penyeberangan yang ada di pelabuhan Tanjung Perak atau Kamal. Untuk bisa melintasi Suramadu, setiap pengguna harus terlebih dahulu membayar uang sebesar Rp 30.000 untuk mobil pribadi dan Rp 3.000 untuk sepeda motor. Jalur antara keduanya dipisahkan oleh pagar setinggi sekitar 1 meter.

Bagian bawah jembatan bisa dilintasi oleh kapal laut yang berlalu lalang di Selat Madura. Tiang-tiang penyangga terlihat sangat kokoh menopang beban tiap kendaraan yang lewat sekaligus memperkaya pemandangan. Sepanjang perjalanan kita dapat melihat pemandangan Selat Madura dan kilauan cahaya matahari di atas laut yang cantik pun terlihat sepanjang perjalanan. Dari kejauhan juga tampak kesibukan nelayan dan kapal-kapal yang melintas  di  Selat Madura. Anda dapat menikmati keindahan ini dengan pemperlabat laju kendaraan, karena kita tidak diperkenankan berhenti di sepanjang jembatan.

Tepat di tengah jembatan, terdapat dua tiang besar yang menyangga jembatan.  Tampak kokoh dan elegan, dan malam hari akan lebih menawan lagi karena pada tiang-tiang jembatan itu dilengkapi dengan lampu-lampu indah.  Begitu anda sampai pintu keluar Suramadu, anda akan melihat jejeran toko suvenir khas Madura dan juga aneka makanan khas Jawa Timur. (Upik Kesumawati Hadi,  Bagian Parasitologi dan Entomologi Kesehatan FKH IPB, November 2012).

Tulisan dalam PDF: Jembatan Suramadu

Tiang-tiang tepat di tengah jembatan yang kokoh dan elegan

Jembatan suramadu, kokoh..

Jembatan Suramadu nan elegan

 

 

Leave a Reply