browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Museum Patung Lilin, Madame Tussaud Bangkok

Posted by on February 14, 2013

Madame Tussaud adalah museum yang memamerkan patung lilin dari berbagai tokoh dunia baik yang sudah almarhum maupun yang masih aktif di dunianya, seperti Mahatma Gandhi, Dalai Lama, Aung San Suu Kyi, Lady Diana,  Presiden RI pertama Bung Karno, Presiden Amerika Serikat Barak Obama. Selain tokoh negara, ada juga artis-artis film Hollywood, olahragawan, musisi, pelukis, dan aktivis kemanusiaan tingkat dunia lainnya.

Madame Tussaud Bangkok ini resmi dibuka tahun 2010 bulan Desember,  terletak di lantai enam Siam Discovery, Phathumwan, Bangkok dan terdiri atas 10 ruangan. Di setiap ruangan terdapat beberapa patung lilin yang berpenampilan seperti aslinya. Patung lilin ini benar-benar dibuat sesuai tinggi badan, postur tubuh, warna kulit, kerutan di wajah sampai bayangan gurat-gurat di permukaan kulitpun seperti aslinya. Patung lilin yang dipamerkan  dikelompokkan berdasarkan ketokohannya, mulai dari  kelompok negarawan, aktivis kemanusiaan, olahragawan, selebritis dunia, dan ada juga  kelompok tokoh rekaan manusia seperti doraemon.

Anda dapat membeli tiket masuk seharga 800 baht di counter yang berada di lantai satu. Disini anda sudah bisa bertemu dan berfoto dengan patung lilin Leonardo de Caprio yang ganteng, setelah itu menuju lift anda akan sampai ke lantai enam. Barisan patung yang anda lihat begitu memasuki museum adalah patung lilin Pangeran Thailand, Mahitala Thibed Adulyadej dan Putri Thailand, Srinagarindra, pasangan yang cantik dan gantengSelanjutnya anda dapat menemui deretan patung lilin tokoh negarawan. Anda dapat bertemu patung Presiden Soekarno ketika masih muda, lengkap dengan baju kepresidenan.  Profil patung Bung Karno yang dibuat tersebut menurut  suatu cerita  adalah berdasarkan foto ketika beliau melakukan kunjungan ke Amerika Serikat pada tanggal 30 September 1960. Saat itu beliau menyampaikan pidatonya yang sangat terkenal, yaitu “To Build the World a New”.

Tokoh-tokoh negarawan lain yang dipamerkan di Madame Tussaud antara lain adalah Presiden Mao Zedong, Mahatma Gandhi, Dalai Lama, Aung San Suu Kyi,  Barak Obama, Lee Myung Bak, Queen Elizabeth, dan Mahathir Muhammad. Tokoh  olahragawan di antaranya adalah Christiano Ronaldo, David Beckham, Tiger Wood, Serena William, Muhammad Ali dan pemain basket jangkung asal Cina Yao Ming.  Penyanyi dunia ada Michael Jackson, Madonna, Britney Spear, Tata Young, Teresa Teng, Beyonce.  Aktor dan Artis film seperti Jackie Chan, William Smith,  Tom cruise, Nicole Kidman, Kate Winslet, Julia Robert, Brat Pitt,  Angelina Jolie, Anthony Hopkins, Jim Carrey, Elizabeth  Tailor, Michael Yeoh, Bruce Lee. Tokoh rekayasa seperti doraemon juga dapat anda lihat. Tokoh-tokoh dunia seperti Albert Einstein dengan rambut jabrig dan kumisnya yang khas, ada pelukis Picasso yang sedang duduk santai, bersarung, ada juga Beethoven dengan pianonya. Informasi tentang tokoh yang dipamerkan dapat dibaca dari informasi yang tertempel di dinding sekitar patung lilin dipasang.

Sangat menarik dan menyenangkan mengunjungi museum sambil membayangkan tokoh-tokohnya yang bentuknya menyerupai aslinya. Di sini juga anda dapat berinteraksi dengan tokoh-tokoh melalui sentuhan, pelukan, duduk atau berdiri berdampingan, bahkan anda dapat membayangkan seakan-akan tengah berada di antara tokoh-tokoh dunia tersebut. Jadi, belumlah lengkap kalau berwisata ke Bangkok tanpa singgah ke Madame Tussaud. Di Asia ini baru ada dua lokasi, yaitu selain di Bangkok,  anda dapat mengunjungi  Madame Tussaud di Hongkong. (Upik Kesumawati Hadi, Februari 2013).

TULISAN DALAM PDF: Museum Patung Lilin, Madame Tussaud Bangkok

Bung Karno

Aung San Suu Kyi

Albert Einstein

Presiden Barak Obama

Elizabeth Taylor

Michael Yeoh

Leonardo de Caprio

Mohamad AliMahatma Gandhi

Leave a Reply