browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Kegiatan Praktikum Bioklasifikasi Serangga di Hutan Pendidikan Gunung Walat

Posted by on April 15, 2013


 

Dalam rangka apresiasi terhadap serangga yang ada di sekitar lingkungan kita, seperti biasa kami sebagai pengelola mata kuliah Biologi dan Klasifikasi Serangga Program Pascasarjana Parasitologi dan Entomologi Kesehatan, IPB mengajak mahasiswa praktikum di alam terbuka. Untuk angkatan 2011/2012 kami ajak mereka mengunjungi Hutan Pendidikan Gunung Walat pada 7-8 Oktober 2011.

Rombongan kami terdiri atas 6 orang mahasiswa dan 3 orang dosen. Kami berangkat pagi, menginap semalam, dan pulang di sore hari. Kami menginap di wisma yang tersedia (Wisma Bungur dan Wisma Puspa), koleksi serangga, berkeliling ke hutan pendidikan, makan pagi, siang,malam disana, bahkan dapat berkaraokean untuk melepas lelah. Bagi yang menyukai suasana hutan dan alam yang segar, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) luasnya 359 ha, terletak di Kecamatan Cibadak dan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, dari Bogor berjarak sekitar 50 km. HPGW adalah kawasan hutan Negara yang ditetapkan oleh Menteri Kehutanan sejak tahun 2009 sebagai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus sebagai Hutan Pendidikan dan Pelatihan yang pengelolaannya diserahkan kepada Fakultas Kehutanan IPB.

Di HPGW kami dapat melihat berbagai jenis  seperti damar (Agathis lorantifolia), pinus (Pinus merkusii), puspa (Schima wallichii), kayu afrika (Maesopsis eminii), mahoni (Swietenia macrophylla), rasamala (Altingia excelsa), sonokeling (Dalbergia latifolia), Gliricidae sp, sengon (Paraserianthes falcataria), meranti (Shorea sp), dan mangium (Acacia mangium) dan berbagai jenis tanaman obat yang sengaja ditanam disana. Adapun jenis satwa liar yang dapat kami adalah  monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), dan berbagai  jenis burung  yang suaranya dapat kai dengar beraneka ragam. Selain itu berbagai jenis reptil biawak, ular, bunglon juga dapat ditemui.

Saat ini banyak sekali masyarakat pendidikan seperti sekolah-sekolah umum seperti SD, SMP, dan SMU,  khususnya di hari libur, mereka memanfaatkan dan  menikmati HPGW sebagai sarana untuk berwisata sambil menggali ilmu dari alam. Bahkan hutan disini juga sering dijadikan arena tempat pelatihan bagi karyawan perusahaan-perusahaan yang banyak berkaitan dengan hutan. Pada akhirnya melalui pendidikan yang secara langsung terjun ke lapangan diharapkan masyarakat akan lebih sadar tentang pelestarian lingkungan hidup khususnya hutan.

 Serangga-serangga yang berhasil kami amati adalah serangga dari order Orthoptera, Lepidoptera, Hymenoptera, Coleoptera, Mantodea, Blattodea, Diptera, Hemiptera, Odonata, Dermaptera, Neuroptera, Isoptera. Serangga dekomposer tanah seperti Collembola juga ditemukan. Cara-cara koleksi yang kami lakukan dengan sweep net, light trap, pit fall trap, dan manual. Kegiatan praktikum di HPGW memberikan pengalaman yang cukup menyegarkan, menyenangkan dan menyejukkan, serta mengakrabkan hubungan antara kami sebagai dosen dengan para mahasiswa (Disusun oleh Upik Kesumawati Hadi, Program Studi Parasitologi dan Entomologi Kesehatan, Sekolah Pascasarjana IPB).

TULISAN DALAM PDF:  Kegiatan Praktikum Biologi dan Klasifikasi Serangga di Hutan Pendidikan Gunung Walat

Berpose bersama seluruh rombongan dari PS PEK IPB

Berpose bersama seluruh rombongan dari PS PEK IPB

Suasan Hutan Pendidikan Gunung Walat

Suasan Hutan Pendidikan Gunung Walat

Adinda semangat menangkap serangga

Adinda semangat menangkap serangga

Ordo Trichoptera,serangga yang ditemukan pada daun

Ordo Trichoptera,serangga yang ditemukan pada daun

Satu di antara tanaman obat yang dibudidayakan di HPGW

Satu di antara tanaman obat yang dibudidayakan di HPGW

Diskusi dan pengamatan serangga yang ditemukan

Diskusi dan pengamatan serangga yang ditemukan

Pengamatan serangga hasil koleksi

Pengamatan serangga hasil koleksi

Istirahat di teras wisma penginapan

Istirahat di teras wisma penginapan

Sejenak duduk melepas lelah pasca koleksi serangga

Sejenak duduk melepas lelah pasca koleksi serangga

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply