browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Wolbachia pipientis, Bakteri Pada Serangga

Posted by on July 6, 2013

Apakah Wolbachia itu?

Wolbachia pipientis adalah bakteri gram negatif berbentuk batang yang hidup di dalam sel yang menginfeksi berbagai hewan invertebrata, terutama arthropoda dan berbagai serangga. Bakteri tersebut merupakan satu di antara patogen yang paling umum di Bumi yang menginfeksi sistem reproduksi serangga. Diperkirakan bahwa lebih dari 18% dari serangga terinfeksi termasuk laba-laba, nyamuk, dan lalat. Laporan lain mencatat 20-75% dari serangga terinfeksi oleh bakteri ini. Selain serangga, nematoda filaria, krustasea terestrial, dan tungau juga dapat terinfeksi oleh Wolbachia.

Bakteri ini ditemukan pertama kali tahun 1924 oleh Marshall Hertig dan S. Burt Wolbach pada nyamuk Culex pipiens, yang kemudian dinamakan Wolbachia pipientis oleh Hertig pada tahun 1936.  Sejak itu bakteri ini kurang menjadi perhatian sampai akhirnya pada tahun 1971 Janice Yen dan A. Ralph Barr dari University of California di Los Angeles menemukan adanya telur nyamuk Culex yang terbunuh oleh akibat reaksi  cytoplasmic incompatibility  ketika sperma jantan yang terinfeksi Wolbachia membuahi telur-telur yang bebas infeksi. Berikutnya tahun 1990, Richard Stouthamer dari University of California di Riverside menemukan bahwa Wolbachia dapat membuat serangga jantan tidak berdaya pada banyak spesies. Sejak inilah penelitian-penelitian tentang Wolbachia sangat pesat kemajuannya.

 

TULISAN LENGKAP TERSEDIA DALAM PDF: Wolbachia pipientis bakteri pada serangga

Leave a Reply