browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Menikmati Sunrise di Gunung Penanjakan, Kawasan Gunung Bromo

Posted by on August 6, 2013

 

Menanti detik-detik sunrise

Menanti detik-detik sunrise

Semburat merah before sunrise

Semburat merah before sunrise

Sunrise

Sunrise

Untuk menikmati sunrise di Gunung Penanjakan, pagi dini hari kami sudah bangun karena jeep yang akan mengantar kami sudah datang menjemput kami. Tepat jam tiga pagi, kami bertiga menaiki jeep menuju Gunung Penanjakan. Suasana masih gelap gulita dan hawa dingin memaksa kami untuk menggunakan baju dingin dan penutup kepala, layaknya musim dingin di luar negeri. Begitu banyak terlihat rombongan jeep pengunjung yang akan menikmati keindahan ciptaaan Allah Yang Maha Kuasa ini…luar biasa. 

Setelah turun dari jeep, demi semua itu kami berusaha menghilangkan kantuk dengan  menghangatkan diri dulu di warung kopi, yang banyak berderet di jalan menuju lokasi mimbar untuk melihat sunrise. Setelah hilang kantuknya, lalu kami berjalan mengikuti arus orang-orang yang berjalan ke atas. Tepat waktu subuh, kami sempatkan solat subuh di sebuah saung yang disediakan, meski gelap tanpa penerangan, juga tidak luas tempatnya,  kami bisa ambil wudlu dan solat.

Alhamdulillah…bisa solat…karena tadi sempat galau dimana ya saya bisa solat subuh dulu?  Selesai solat lega rasanya, lalu kami berkumpul bersama orang-orang duduk menanti sunrise. Akhirnya muncullah semburat merah menerangi kami yang menanti datangnya sinar matahari sambil terkantuk kantuk. Semua orang tergerak mengabadikan munculnya matahari. Semua orang menjepretkan dan mengarahkan kameranya ke arah sunrise, ada yang menggunakan kamera secara profesional, kamera biasa, tablet, bahkan HP biasa. Luar biasa betapa indahnya CiptaanMU wahai Allah… Setelah matahari menunjukkan sinarnya kami juga benar benar terpesona akan keindahan Gunung Bromo. Subhanallah…betapa indahmu wahai Gunung Bromo, kami tidak menyesal bersusah-susah menemuimu  (Upik Kesumawati Hadi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor Juni 2013)

Tulisan dalam PDF: Menikmati Sunrise di Gunung Penanjakan

Leave a Reply