browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Panti Asuhan Gajah Pinnawela Sri Lanka

Posted by on December 27, 2013

Di Sri Lanka terdapat panti Asuhan khusus untuk gajah yang terkenal dengan nama Pinnawela Elephant Orphanage .  Panti asuhan ini terletak di Rambukkana, sebelah barat laut kota Kegalla, tepatnya ditengah-tengah perjalanan antara ibukota Kolombo dan kota Kandy.  Panti ini didirikan oleh Departemen Satwa liar tahun 1975 di area seluas  24 hektar.  Panti  asuhan ini sekarang juga menjadi tempat breeding gajah dengan  bayi pertama lahir pada tahun 1984,  dan ini tergolong sebagai tempat penangkaran gajah terbesar di dunia yang memiliki kawanan gajah terbanyak.  dilaporkan antara  tahun 1975 dan 2012 telah lahir di sini sebanyak 67 ekor gajah.

Awalnya panti asuhan  gajah ini dirancang untuk memberikan perawatan  dan perlindungan kepada bayi-bayi gajah  yang banyak ditemukan di hutan tanpa ibu mereka . Sebagian besar kasus  ini disebabkan sang ibu telah meninggal atau terbunuh. Beberapa kasus menunjukkan adanya  bayi  gajah yang jatuh ke dalam lubang bersama ibunya yang akhirnya meninggal . Awalnya panti asuhan ini berada di Wilpattu National Park, kemudian bergeser ke kompleks wisata di Bentota dan kemudian ke Dehiwala Zoo. Selanjutnya dari Zoo Dehiwala itu bergeser ke  Pinnawela tahun 1975. Disini berkembang dengan baik dengan fasilitas yang juga memadai sehingga dapat menarik baik pengunjung lokal maupun asing. Hasil pendapatan ini digunakan untuk mempertahankan panti asuhan gajah yang saat ini terkenal di seluruh dunia.

Kegiatan sehari-hari dari gajah-gajah di panti asuhan, saat ini menjadi tontonan yang menarik baik wisatawan domestik maupun asing. Letak kandang gajah tidak jauh dari jalan, sehingga semua bisa terjangkau oleh pengunjung dengan mudah hanya dengan jalan kaki.  Pada pagi hari jam 8.00 bayi-bayi gajah diberi minum susu, setelah itu dibiarkan bebas di padang rumput seluas 12 hektar, setelah itu jam 10 digiring semuanya untuk mandi di sungai Maha Oya.  Sore hari antara 16.30 dan 18.00 kawanan gajah digiring menuju kandangnya masing-masing lalu  ditambatkan dan diberi makan. Lalu bayi-bayi diberi susu kembali dan yang lainnya diberi hijauan seperti daun dan tangkai nangka, batang kelapa, daun dan tangkai pohon kelapa. Mereka lahap sekali, dan tampaknya senang kalau diberikan langsung lewat tangan kita. Setiap gajah mendapat jatah makanan hijauan sekitar 75 kg perhari, di samping itu juga mendapatkan makanan konsentrat yang bahan dasarnya campuran jagung, dedak, biji-bijian lain dan mineral. Gajah di sini tampak sehat, tidak stress dan bahagia.

Wisatawan dapat melihat langsung kegiatan gajah tersebut baik di kandang saat diberi makan, atau saat kawanan gajah digiring berjalan sepanjang 400 meter dari kandangnya menuju sungai  setiap pagi jam 10 dan sore hari jam 4 untuk mandi selama dua jam.  Pemandangan inilah yang paling menarik pengunjung. Ada gajah besar-besar dan yang bayi-bayi semua berjalan sambil mengeluarkan suara khasnya. Ada gajah yang patuh dan ada juga yang bandel mau masuk ke rumah atau warung-warung di sepanjang jalan. Di sini peran pawang sangat besar dalam menggiring kawanan gajah ini. Orang-orang Sri Lanka yang notabene adalah pengunjung juga tampak begitu sayang dan menghormati gajah-gajah itu. Di sepanjang jalan yang dilewati kawanan gajah, terdapat restoran dan toko suvenir dengan tema gajah, bahkan dijual juga produk kertas asal kotoran gajah. (Upik Kesumawati Hadi,  PS Parasitologi dan Entomologi Kesehatan, Sekolah Pascasarjana IPB, Bogor)

TULISAN DALAM PDF:  Panti Asuhan Gajah Pinnawela

Rombangan gajah setelah mandi di sungai Maha Oya

Rombongan gajah setelah mandi di sungai Maha Oya

 

Pawang gajah terus menggiring gajah-gajah pulang ke kandang

Pawang gajah terus menggiring gajah-gajah pulang ke kandang

Gajah memasuki kandang dan saatnya makan

Gajah memasuki kandang dan saatnya makan

Pengunjung gajah

Pengunjung gajah

Masyarakat Sri Lanka sangat menyayangi gajah

Masyarakat Sri Lanka sangat menyayangi gajah

Areal panti asuhan gajah yang sangat luas

Areal panti asuhan gajah yang sangat luas

Para dokter hewan yang menemani saya

Para dokter hewan yang menemani saya

Toko suvenir di area panti asuhan gajah

Toko suvenir di area panti asuhan gajah

Berpose di depan gerbang Pinnawela Elephant Orphanage

Berpose di depan gerbang Pinnawela Elephant Orphanage

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply