browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Ambissi IPB Jalan Pagi Sehat di Kebun Raya Bogor

Posted by on January 19, 2014

Penduduk kota Bogor sesungguhnya sangat dimanjakan oleh keberadaan Kebun Raya Bogor yang sangat luas dengan aneka ragam tanaman yang menyegarkan ini.  Sayangnya kesempatan memanfaatkan kebun raya tidak selamanya ada. Alhamdulillah Sabtu 4 Januari yang lalu saya bersama teman-teman AMBISSI, alumni IPB Angkatan 15 (1978) berkesempatan bereuni kembali di kebon raya. Senang sekali rasanya bisa menikmati kebersamaan di kebun raya. Di awali dengan sarapan pagi di Wisma Tamu, lalu latihan peregangan badan atau bersenam ria, berfoto ria, setelah itu kami bersama-sama berkeliling kebun raya. Kami berjalan menyusuri jalan-jalan yang ada sambil mengamati sekeliling kebun.

Cuaca pagi yang sangat sejuk, pemandangan hijau yang menyegarkan mata, dan aneka tanaman dan bunga-bunga tropis, kolam-kolam, sungai, jembatan, bentangan padang rumput luas yang hijau benar-benar membuat tubuh relaks. Ditambah lagi cerita-cerita masa lalu, masa mahasiswa, masa kini dan lain-lain, serta narsis berfoto ria yang tidak henti-hentinya semua membuat sensasi luar biasa. Silaturahmi itu menyenangkan dan memanjangkan umur adalah benar adanya. Kebun Raya Bogor yang luasnya 18 hektar ini sangat luas untuk kami berwisata jalan kaki. Meskipun tidak seluruh obyek dikelilingi, kaki-kaki kami sudah merasa lelah, dan peluh sudah membasahi tubuh kami. Maklum kami semua sudah översek (over seket, usia di atas 50 tahun), jadi mudah lelah. Namun kami bersemangat lagi ketika melihat bunga bangkai. Betapa tidak! Kunjungan kami kali ini disuguhi dengan mekarnya bunga bangkai dari jenis Rafflesia patma. Semua terkagum-kagum dengan keindahan ciptaan Allah, semua berjejal-jejalan mengabadikannya dengan kamera, HP, tablet bahkan ada juga yang memvideokannya. Bunga ini istimewa karena sejak mulai mekar mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Cantik tapi bau.

Kebon Raya Bogor  mempunyai beberapa nama julukan antara lain Botanical Garden of Indonesia, Botanical Garden of Buitenzorg atau Syokubutzuen (zaman Pendudukan Jepang) atau dalam bahasa sunda dikenal dengan Kebun Gede. Sejarahnya, Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari hutan taman buatan (samida) yang sudah ada sejak zaman pemerintahan Kerajaan Sunda yaitu Prabu Siliwangi (1474 – 1513). Hutan buatan tersebut dibuat untuk menjaga kelestarian lingkungan serta sebagai tempat memelihara benih benih tanaman langka. Hutan buatan serupa juga dibuat di perbatasan Cianjur dengan Bogor yaitu Hutan Ciung Wanara, namun hutan ini terlantar setelah Kerajaan Sunda ditaklukan oleh Kesultanan Banten. Singkat cerita, pada pertengahan abad 18 di salah satu sudut hutan ini dibangun rumah peristirahatan (Istana Bogor) oleh pemerintah kolonial. Lalu Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles menyulap halaman Istana Bogor  menjadi sebuah kebun yang cantik dan taman bergaya Inggris klasik. Tugu lady Raffless, adalah contoh tugu bergaya Inggris klasik yang dapat anda jumpai ketika masuk dari gerbang depan (arah Pasar Bogor). Tugu ini dibuat untuk mengenang  isteri Raffles yang meninggal dunia karena malaria. Banyak lagi taman-taman yang bisa kita nikmati di Kebun Raya Bogor yang bergaya mirip dengan Kebun Raya di Kandy City Sri Lanka.

Berikut ini saya berbagi foto-foto hasil jepretan kami selama berjalan-jalan di Kebon raya Bogor. Semoga bermanfaat. (Upik Kesumawati Hadi, Alumni IPB Ambissi)

Tulisan dalam PDF: Ambissi IPB Jalan Pagi Sehat di Kebon Raya Bogor

Di depan Wisma Tamu siap jalan pagi

Di depan Wisma Tamu siap jalan pagi

Latihan peregangan sebelum jalan pagi

Latihan peregangan sebelum jalan pagi

Taman yang luas dengan bunga-bunga tropis

Taman yang luas dengan bunga-bunga tropis

Taman Teratai

Taman Teratai

Bunga bangkai Rafflessia patma

Bunga bangkai Rafflessia patma

Jembatan dan koleksi pobon bambu

Jembatan dan koleksi pobon bambu

Di antara pohon pohon tua

Di antara pohon pohon tua

Indahnya kebersamaa Ambissi

Indahnya kebersamaa Ambissi

Nikmatnya silaturahim

Nikmatnya silaturahim

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply