browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Departemen IPHK FKH IPB Berkereta-api Menuju Selabintana

Posted by on April 6, 2014

Memanfaatkan waktu libur, kemarin hari Minggu 30 Maret 2014 kami berwisata bersama Keluarga Besar Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesmavet, Fakultas Kedokteran Hewan IPB ke Taman rekreasi Selabintana di Sukabumi. Kami bersama-sama menggunakan kereta api eksekutif yang khusus disewa satu gerbong dengan muatan sekitar 45 orang. Dari setasiun Paledang kami berangkat jam 07.55 dan sampai di stasiun Sukabumi jam 10.10.

Dari dalam kereta, kami menikmati pemandangan alam sekitar sambil menyanyi dengan iringan gitar ukulele dan bersenda gurau bersama. Kebersamaan ini baru kita rasakan lagi setelah bertahun-tahun tenggelam dalam kesibukan yang tiada henti.  Alhamdulillah kami sampai dengan selamat di stasiun, lalu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sekitar 6 buah Angkot berwarna pink menuju Taman Rekreasi Selabintana. Setelah menembus area terminal angkot, pasar nan ramai, alu-alun kota, dan jalanan yang menanjak, akhirnya sampailah ke tempat yang dituju pada jam 10.30.. Istirahat sejenak, acara silaturahmipun dibuka oleh Kepala Departemen IPHK, hidangan rebus-rebusan khas tanah sunda dan bandrek membuat semangat kebersamaan semakin ceria.

Setelah cukup istirahat, jam 11 kami melakukan kegiatan jalan sehat bersama di sekitar wilayah Taman Wisata Salabintana. Dari pos keluar taman, kami belok kearah kiri menuju jalan permukiman yang cukup menanjak, lalu belok kiri kembali, menuju perkebunan teh nan sejuk luar biasa. Kami berjalan terus ditengah kebun teh dengan pemandangan alam penuh nuansa hijau, luar biasa sensasi yang menyejukkan karena udara pegunungan Gede Pangrango.  Setelah hampir satu jam perjalanan santai, akhirnya kami masuk kembali ke dalam wilayah Taman Wisata nan asri. Hamparan rumput luas, pepohonan hijau di sekeliling, lari-lari anak kecil, kumpulan-kumpulan keluarga dengan bekalnya yang sedang mereka nikmati, kumpulan pedagang balon mainan anak-anak, semua ini bukti bahwa keindahan taman ini dirasakan semua orang.

Setelah makan siang menu pepes ikan, sayur asem, asinan, sambal dan lalap, kami solat, lalu kembali melanjutkan acara dengan bagi-bagi door prize dan bernyanyi bersama diiringi organ tunggal. Bakat-bakat terpendam yang ada di Keluarga Departemen IPHK semua muncul.  Ada yang mahir menyanyikan lagu-lagu lawas, pop, dangdut dan yang seru lagi adalah berjoget bersama dengan gaya suka-suka. Seru sekali, ibu-ibu profesor juga tak kalah dalam berjoget..ha ha ha…

Lokasi Selabintana atau disebut juga Salabintana memang layak dikunjungi, mudah dijangkau karena letaknya tidak jauh dari pusat kota (7 Km dari pusat kota Sukabumi). Lokasinya juga sejuk karena berada di kaki Gunung Gede.  Sebenarnya kalau waktunya cukup kita juga dapat mengunjungi beberapa obyek wisata lainnya yaitu Pondok Halimun dan  Curug Cibeureum (air terjun). Sayang kami tidak bisa mengunjunginya, karena jam 15.01 harus kembali dengan kereta yang sama menuju Bogor. Alhamdulillah jam 17.40 kami keluar kereta api dan semua selamat sampai Bogor. (Dilaporkan oleh Upik Kesumawati Hadi, Bagian Parasitologi dan Entomologi Kesehatan FKH IPB)

Tulisan dalam PDF:  Berkerata api menuju Taman Rekreasi Selabintana

Berkumpul di setasiun Paledang

Berkumpul di setasiun Paledang

Bernyanyi ria dengan diiringi ukulele

Bernyanyi ria dengan diiringi ukulele

Kemesraan Prof Mirna bersama bapak, Prof Retno et al..

Kemesraan Prof Mirna bersama bapak, Prof Retno et al..

Keceriaan staf kependidikan

Keceriaan staf kependidikan

Para petinggi dan pembesar Departemen

Para petinggi dan pembesar Departemen

Bu Elok nan cantik

Bu Elok nan cantik

Jalan-jalan di lingkungan selabintana

Jalan-jalan di lingkungan selabintana

Di tengah perkebunan teh

Di tengah perkebunan teh

Berkeringat...lumayan

Berkeringat…lumayan

Membidik keindahan ciptaan Allah

Membidik keindahan ciptaan Allah

Akhirnya nyampe juga..

Akhirnya nyampe juga..

 

Hamparan hijau taman selabintana

Hamparan hijau taman selabintana

Acara kebersamaan

Acara kebersamaan

Iringan organ tunggal

Iringan organ tunggal

Berjoget ria

Berjoget ria

Penyanyi andalan IPHK

Penyanyi andalan IPHK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply