browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Di Air Terjun Ciismun Cibodas Bersama Mahasiswa PS PEK IPB

Posted by on April 6, 2014

Tanggal 18 Desember 2013 yang lalu, kami pengelola PS S2 Parasitologi dan Entomologi Kesehatan  IPB (PS PEK IPB) mengadakan acara outing bersama Mahasiswa PEK IPB seluruh angkatan ke Cibodas. Acara kebersamaan ini  juga sekaligus acara koleksi serangga dalam rangka praktek perkuliahan Biologi dan Klasifikasi Serangga dan mk Artropoda Pengganggu Kesehatan. Kebun Raya Cibodas menjadi pilihan karena alamnya yang sejuk, nyaman, indah dan belum terkena dampak polusi, sehingga merupakan surga bagi kehidupan serangga dan artropoda lainnya.  Mempelajari kehidupan serangga di alamnya memberikan pengertian dan pemahaman yang nyata, yang sepanjang hayat akan memberikan kesan yang kuat. Itulah harapan kami sebagai pengelola program studi selama ini.

Di sekitar area Kebon Raya Cibodas banyak sekali kehidupan serangga yang dapat dipelajari. Sebagai contoh, di sekitar perairan yang deras mengalir di area kebun raya ini kita dapat mempelajari kehidupan serangga Simulium. Larva dan pupanya banyak terdapat menempel pada benda-benda apakah itu rerumputan, tangkai tanaman, bebatuan, atau benda – benda lain yang berada dalam aliran air sungai yang jernih dan cukup deras mengalir. Satu di antara aliran sungai yang cukup besar bila diikuti terus hingga ke sumber asalnya, ternyata berasal dari aliran sungai asal dari air terjun Ciismun. Di hamparan hijau areal kebun raya banyak sekali jenis serangga terbang yang  juga dapat dipelajari.

Luar biasa, satu sungai yang kami telusuri membawa kami sampai di bawah air terjun Ciismun. Airnya dingin, sejuk suasananya, suara-suara alam turut memberikan sensasi yang menenteramkan jiwa-jiwa yang gelisah. Kami terpana sesaat sampai di sekitar air terjun Ciismun. Air terjun ini terletak di kaki Gn Gede-Pangrango, memiliki ketinggian sekitar 25 m, dengan kaki air terjunnya selebar sekitar 5 m.  Air curug ini terjun dari sudut pertemuan bukit Agropolitan dengan bukit Cibodas. dan berada di ketinggian 1275 m dpl.  Lokasinya cukup tersembunyi, tetapi sangat memukau penglihatan. Apalagi kami kala itu datang saat bukan hari libur, suasana pagi yang sepi, sehingga yang menikmati keindahan air terjun Ciismun rasanya hanya kami. Beberapa dari kami langsung berfoto-foto ria, bermain air di air terjun ini, sementara beberapa yang lain juga asyik mencari dan meneliti  kberadaan serangga Simulium yang ada di areal aliran yang mengalir. Senangnya jadi naturalis…..rasanya menyatu dengan alam, melupakan kesibukan sehari-hari dan hingar bingarnya kota yang penuh dengan motor, mobil dan kendaraan lain…

Setelah kurang lebih 1 jam bermain, berfoto ria, koleksi serangga di sekitar air terjun Ciismun, kami pun bersiap-siap berjalan menuju area Kebun Raya Cibodas, lalu istirahat di Guest House milik KBR Cibodas. Di sana kami memproses hasil koleksi serangga bersama, lalu makan siang ala sunda yang sudah kita pesan. Setelah istirahat, solat, makan siang, kami melihat-lihat koleksi kaktus, anggrek dan tanaman lain yang berada tidak jauh dari guest house. Sore hari kami meninggalkan tempat indah ini untuk kembali tenggelam dalam kehidupan kampus. Setiap tahun kami tidak pernah bosan menikmati hijaunya alam Cibodas, menikmati  hamparan  taman hijau yang  luas  atau pemandangan kolam air mancur yang indah serta gunung dan pohon pohon yang rindang (Laporan Kegiatan PS PE IPB, Upik Kesumawati Hadi, Desember 2013).

Tulisan dalam PDF:  Air Terjun Ciismun Bersama Mahasiswa PEK IPB

Aliran sungai habitat larva lalat Simulium

Aliran sungai habitat larva lalat Simulium

Berpose di bawah air terjun Ciismun

Berpose di bawah air terjun Ciismun

Pupa Simulium

Pupa Simulium

Preparasi pupa

Preparasi pupa

Koleksi larva dan pupa

Koleksi larva dan pupa

NIkamatnya Ciismun

NIkamatnya Ciismun

Prosesing spesimen

Prosesing spesimen

Larva dan pupa pada karung plastik di aliran deras

Larva dan pupa pada karung plastik di aliran deras

Oh Ciismun

Oh Ciismun

Serangga ku..

Serangga ku..

Di samping guest house

Di samping guest house

Bebatuan

Bebatuan

Bersama mahasiswi nan cantik

Bersama mahasiswi nan cantik

Wa Umayah

Wa Umayah

Bersama mahasiswa PEK

Bersama mahasiswa PEK

    

 

 

Leave a Reply