browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Air Terjun Oehala di Soe Timor Tengah Selatan

Posted by on May 12, 2014

Sejauh ini kalau ingat NTT maka yang terbayang adalah daerah yang panas, kering, dan tandus. Tapi kalau berjalan ke arah tengah selatan maka akan ketemu dengan daerah Soe yang terkenal sebagai daerah dataran tinggi, sejuk, dan merupakan daerah pertanian yang subur. Dahulu bahkan dikenal sebagai penghasil kayu Cendana yang kini tergolong tanaman langka. Selain itu, di wilayah ini juga terdapat objek wisata Air Terjun yang dikenal dengan nama  Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala.

Kalau lancar, lokasi air terjun ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 2-3 jam dengan kendaraan pribadi dari Kota Kupang. Begitu sampai di lokasi air terjun anda akan merasakan suasana yang berbeda sama sekali dengan Kota Kupang yang panas. Kondisi lingkungan di sekitar air terjun ini sangat sejuk karena letaknya daerah hutan yang dipenuhi dengan pepohonan lebat, bahkan sinar mataharipun sulit menembusnya, terhalangi olehnya.

Selain itu, yang lebih menarik lagi adalah panorama air terjunnya sendiri juga sangat indah. Air Terjun Oehala memiliki bentuk bertingkat-tingkat seperti tangga. Air yang turun tidak langsung menyentuh tanah, tetapi harus melalui undakan-undakan besar yang berjumlah sekitar 7 buah. Karena airnya tidak langsung turun ke bawah, kolam penampungan air pun lebih dari satu. Di undakan atas terdapat kolam penampungan air yang biasanya digunakan oleh pengunjung untuk mandi dan menceburkan diri ke air. Air terjun ini sangat dingin dan jernih sehingga memberikan suasana nyaman untuk bermain air di kawasan air terjun ini. Bentuk air terjun disini mirip dengan air terjun di Oenesu, Kupang Barat.

Seperti biasa, kami kali ini bersama rombongan dosen dan mahasiwa Undana, mengunjungi air terjun ini dalam rangka mencari dan meneliti keberadaan lalat Simulium, yang larvanya sedang di aliran deras dan jernih. Sambil menyelam minum air, begitulah misi yang kami emban sampai ke Air Terjun Oehala nan indah ini. Selesai bermain di air, kami pun duduk-duduk di Lopo, tempat istirahat yang tampaknya juga sudah disediakan untuk pengunjung.

Fasilitas dan sarana sebagai objek wisata air terjun sudah diperhatikan oleh pemerintah, ada lopo-lopo, toilet, tempat parkir, sayangnya agak kurang terawat. Tempat jajan juga tidak terawat dengan baik. Penjual makanan dan buah-buahan seperti sarikaya, jambu biji hanya hanya beberapa saja…Sayang sekali, padahal objeknya sangat luar biasa indahnya.. (Upik Kesumawati Hadi, Laboratorium Entomologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor April 2014)

Tulisan dalam PDF:  Air Terjun Oehala, Soe Timor Tengah Selatan

Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala

Air terjun bagian atas yang tinggi

Air terjun bagian atas

Betapa nyamannya...

Betapa nyamannya…

Mencari Simulium..

Mencari Simulium..

Menyimpan hasil koleksi Simulium

Menyimpan hasil koleksi Simulium

Larva instar 1 di atas daun

Larva instar 1 di atas daun…

Salah satu Lopo, tempat istirahat di dekat air terjun

Salah satu Lopo, tempat istirahat di dekat air terjun

Buah Sarikaya manis..dari lapak yang ada

Buah Sarikaya manis..dari lapak yang ada dijual

Pohon Kayu Putih di sekitar area air terjun

Pohon Kayu Putih di sekitar area air terjun Oehala

Suasana Desa Oehala

Suasana Desa Oehala

 

Leave a Reply