browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Tungau Debu, Dermatophagoides

Posted by on June 25, 2014

Satu di antara penyebab alergi dan asma adalah bahan pencetus alergi atau alergen yang terdapat pada debu.Alergen itu berasal dari mahluk hidup yang keberadaannya bersama debu dan tergolong ke dalam jenis tungau (mite), yaitu Dermatophagoides (famili Pyroglyphidae, kelas Arachnida). Dalam bahasa Inggris tungau ini dikenal dengan nama house dust mite atau yang dikenal populer dengan nama tungau debu.Tungau debu banyak dilaporkan di  Amerika Serikat dan Hawai, Kanada, Eropa, Asia, Timur Tengah dan berbagai negara bagian di Australia, serta Amerika Selatan.

Bagaimana peran tungau debu dalam proses terjadinya asma di Indonesia masih sedikit diteliti dan kurang mendapat perhatian serius. Seperti apakah bentuk tungau debu,  dimanakah banyak ditemukan, bagaimana siklus hidupnya, mengapa debu rumah atau permukiman menjadi tempat yang disukai oleh tungau debu? Bahaya apa yang ditimbulkan tungau debu? Langkah pencegahannya bagaimana? Berikut ini dijelaskan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan tungau debu. Semoga menjadi nilai tambah pengetahuan anda dan bermanfaat. Tulisan lengkap dalam bentuk pdf berikut ini

pteronyssinus_male_100x_

Dermatophagoides pteronyssinus 100x

Tulisan lengkapnya dalam PDF:  Tungau debu, Dermatophagoides

Leave a Reply