browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pantai Indrayanti di Gunung Kidul

Posted by on September 25, 2014

Di gunung Kidul ada pantai? itulah pertanyaan yang terlintas di hati ketika saya bersama rombongan Ambissi IPB mengunjungi pantai Indrayati di Gunung Kidul. Nama pantainya indah seperti nama orang. Ternyata Pantai Indrayanti itu sesungguhnya bernama Pantai Pulang Syawal, menurut cerita orang. Namun setelah investor swasta mengembangkan Cafe dan Restoran dengan nama Indrayanti, akhirnya pantai ini lebih dikenal dengan nama tersebut. Suasananya cukup ramai, mirip pantai di Bali banyak berjejer cafe-cafe dan restoran serta penginapan.

Pantai disini meskipun siang hari sangat terik dan gerah, banyak sekali dikunjungi orang. Pantainya memang elok dipandang mata, pasirnya tapak berwarna putih dan tebal. Ombaknya pun  bergulung-gulung tidak terlalu tinggi, sehingga sangat cocok untuk anak-anak bermain di pantai ini. Dari kejauhan tampak pantai Indrayanti diapit oleh bebatuan karang yang kokoh, serta terdapat perbukitan karst di bagian utara, di sekeliling tampak  hijau sehingga tampak unik, dengan pasir putih dan laut biru.

Letak pantai ini tergolong dekat dengan pantai-pantai lain yang sudah lebih dulu dekenal masyarakat luas seperti Krakal, Drini dan Sundak. Namun pantai Indrayanati tampak dikelolala dengan baik oleh pengelola restoran, fasilitas toilet, tempat parkir, penginapan dan gasebo-gasebo yang menghadap ke laut yang membuat nyaman pengunjung. Pantai ini dari yogyakarta berjarak sekitar 70 km. Rombongan kami saat itu mencapainya melalui jalur selatan melalui kota Wonosari…ya cukup mudah dijangkau…

Upik Kesumawati Hadi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Bogor 2014

TULISAN DALAM PDF: Pantai Indrayanti Gunungkidul

Batuan karang nan unik

Batuan karang nan unik

Pasir pantai tebal, laut biru..tampak bebatuan di kejauhan..

Pasir pantai tebal, laut biru..tampak bebatuan di kejauhan..

Gulungan ombak ...

Gulungan ombak …

Panas, terik, gerah, namun ramai pengunjung

Panas, terik, gerah, namun ramai pengunjung

Asyik juga mejeng berdua

Asyik juga mejeng berdua

 

Leave a Reply