browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

ACARA MAAL HIJRAH DI KEDAH DARUL AMAN 2014

Posted by on November 3, 2015

Acara Festival Masjid sedunia di Kedah Darul Aman, Malaysia diakhiri dengan acara Maál Hijrah atau Perayaan Tahun Baru Islam (Hijrah). Puncak perayaan tahun baru hijrah ini diselenggarakan di Gedung Dewan Seri Negeri, yang merupakan gedung serbaguna yang mewah milik Pemerintah Kedah. Bagi pemerintah Kedah acara ini lebih bermakna karena dihadiri oleh berbagai ratusan utusan pemuda dan pengurus masjid dari berbagai negara yang tergabung dalam Forum Silaturahmi dan Kemakmuran Masjid Serantau/Sedunia (Forsimas) seperti Indonesia (Aceh, Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Surabaya), Thailand, Filipina, Australia, dan Hong Kong.

Acara Maal Hijrah ini sangat resmi, syahdu dan rapi, dihadiri Sultan Kedah dan Permaisuri serta jajaran Kesultanan Kedah, seperti Menteri Besar Kedah, Mukhriz Tun Mahathir yang merupakan anak dari mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohammad. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh qari terbaik mirip seperti di Indonesia, diikuti sambutan-sambutan atau alu-aluan, lalu tausyiah atau ceramah oleh Alim Ulama setempat.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan berupa uang dan setifikat kepada tokoh-tokoh Ma’al Hijrah yang telah berkontribusi besar bagi kemajuan Kedah. Penghargaan juga diberikan kepada para pemenang berbagai lomba yang diikuti mulai anak kecil sampai orang dewasa. Di antaranya, pemenang masjid terbaik, lomba bercerita kisah Alquran, lomba hafiz Quran, lomba kaligrafi, lomba nasyid rebana, dan lomba bahasa Arab. Setelah selesai acara ditutup dengan pertunjukan nasyid dengan alat musik tradisional yang dibawakan anak-anak dan remaja. Saat selesai acara, Sultan Kedah bersama permaisuri, Menteri Besar Kedah, dan jajaran Kesultanan Kedah menyalami para peserta di sepanjang karpet merah. Sultan dengan ramah menyalami peserta, bahkan berbincang dengan kami para peserta delegasi Forsimas. (Disusun oleh Upik Kesumawati Hadi, Peserta Festival Masjid Sedunia di Alor Setar Kedah darul Aman 2014)

Tulisan dalam PDF: Acara Maal Hijrah di Kedah Darul Aman 2014

Maal Hijrah di Kedah

Maal Hijrah di Kedah

Pameran seni kaligrafi Islam

Pameran seni kaligrafi Islam

 

Leave a Reply