browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

LOKA LITBANG P2B2 WAIKABUBAK

Posted by on November 8, 2015

Loka Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang disingkat menjadi Loka Litbang P2B2 Waikabubak adalah satu di antara loka yang berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Loka ini merupakan suatu unit pelaksana fungsional penelitian yang membantu pelaksanaan program di Kabupaten dalam mengidentifikasi masalah malaria dan memberikan alternatif pemecahan masalahnya. Pada awalnya loka ini bernama Stasiun Lapangan Pemberantasan Vektor (SLPV), didirikan tahun 1999 sebagai suatu Institusi penunjang proyek Intensified Communicable Diseases Control (ICDC).

Saat ini kegiatan penelitian bidang kesehatan yang dilakukan cukup banyak. Kegiatan survei dan penelitian yang berkaitan dengan pengendalian penyakit malaria dan penyakit bersumber binatang lainnya di daerah dengan masalah malaria. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melengkapi data yang telah ada sehingga dapat digunakan sebagai bahan informasi dan pendukung dalam intensifikasi pemberantasan penyakit malaria dan penyakit bersumber binatang lainnya. Penelitian tahun ini yang sedang dilakukan adalah pemetaan status kerentanan vector demam berdarah terhadap berbagai jenis insektisida, myang merupakan penelitian nasional yang juga sedang dilakukan di beberapa loka lainnya.

Sarana dan Prasarana yang dimiliki oleh Loka ini cukup lengkap seperti Laboratorium Entomologi, Laboratorium Parasitologi, Insektarium, Perpustakaan, Jaringan Informasi dan Teknologi, Sarana Transportasi dan Sarana Olah Raga. Loka Litbang ini beralamat di Jln. Basuki Rahmat Km 5 Puu Weri Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Tepl 0387-22422 Fax.0387-22422. Dari Bandara Tambolaka menuju lokasi kira-kira satu jam dengan mobil. (Disusun oleh Upik Kesumawati Hadi PS Parasitologi dan Entomologi Kesehatanan Sekolah Pascasarjana IPB)

Tulisan dalam PDF: Loka Litbang P2B2 Waikabubak

Kantor Loka Litbang Waikabubak

Kantor Loka Litbang Waikabubak

Uji Resistensi Insektisida

Uji Resistensi Insektisida

IMG_3948

Leave a Reply