browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Pagoda Shwedagon di kota Yangon, Myanmar

Posted by on November 18, 2015

Selama tiga hari berkunjung di kota Yangon, Myanmar, saya hanya berkesempatan jalan-jalan dan melihat masyarakat di kota Yangon, masuk mall mencari makanan halal, mencari cendera mata, dan mengunjungi Pagoda terbesar di Yangoon, yaitu Pagoda Shwedagon.

Myanmar dikenal dengan sebutan negara tua dengan ribuan pagoda atau The Land Golden Pagoda, yang bertahan memelihara warisan peradaban kuno. Pagoda Shwedagon merupakan Stupa terbesar dan tertua di kota Yangon yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Pagoda Shwedagon letaknya di atas bukit Dagon. Pagoda utama berbentuk seperti kerucut emas, sangat tinggi (sekitar 99 meter) diselubungi dengan piring emas dari atas ke bawah. Menurut catatan, hiasan pagoda utama ini terdiri atas 8000 piring emas, 5000 berlian, 2000 batu permata dan batu semimulia. Luar biasa kaya….

Nah, untuk dapat mencapai pagoda, ada beberapa pintu masuk yaitu eastern, southern, northern, dan western. Dari Northern Gate kami naik dengan eskalator, memang sudah dikelola dengan modern style. Sebelum pintu masuk, kami harus melewati pemeriksaan menggunakan x-ray detector dan  hand detector. Karena kami berombongan, kami dipandu dengan baik oleh tim pemandu yang semuanya merupakan tokoh-tokoh Budhis pengurus Pagoda tersebut dan mereka berbahasa Inggris.

Di pelataran Pagoda utama, banyak bangunan-bangunan menarik (sekitar 68 stupa kecil), tempat umat Budha melakukan ritual. Umat Budha disini melakukan ritual di pelataran khusus berdasarkan hari lahir. Jadi yang lahir di hari Minggu, mereka sembahyang di bangunan yang tertulis khusus lahir hari Minggu, dan seterusnya. Saya sempat juga melihat betapa khusyunya mereka sedang sembahyang dihadapan patung-patung yang ada di bangunan tsb.

Kebesaran dan kemegahan Pagoda Shwedagon sangat mengagumkan. Kunjungan kami  kesini sore hari menjelang malam hari, oleh karena itu bisa melihat pengaruh lampu terhadap pagoda emas tersebut tampak menjadi sangat indah, berkilau dan menarik. Ketelitian dalam membuat ukiran, ornamen dan pernak-pernik hiasan pada Pagoda mengingatkan kita akan ketelitian dan ketekunan nenek moyang kita di Indonesia dalam membangun candi Borobudur di abad ke 8. Subhanallah indah…(Ditulis oleh Upik Kesumawati Hadi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor 2015)

Tulisan dalam PDF: Pagoda Shwedagon di Kota Yangon Myanmar..

Pagoda Shwedagon malam hari

Pagoda Shwedagon malam hari

Stupa kecil tempat ritual ibadah pemeluk Budha

Stupa kecil tempat ritual ibadah pemeluk Budha

Pelataran tempat ibadah

Pelataran tempat ibadah

Tempat ritual ibadah menuruh hari lahir

Tempat ritual ibadah menuruh hari lahir

Bersama Dr Thie thie

Bersama Dr Thie thie

Pemandangan pagoda di sore hari

Pemandangan pagoda di sore hari

Leave a Reply