browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Jeepney Angkutan Umum Unik

Posted by on November 29, 2015

Pemandangan unik yang saya lihat begitu keluar Bandar udara Ninoy Aquino Filipina, adalah mobil jeep besar yang  bentuknya kotak, catnya warna warni tidak sama satu sama lainnya. Ternyata itu adalah Jeepney, angkutan umum yang terdapat di kota-kota besar di Filipina.  Jadi kalau ingin mencoba, silakan. Jeepney siap mengantarkan Anda untuk berkeliling kota.

Jeepney merupakan ikon di Filipina, kalau di Indonesia ada Angkot, dan di Thailand ada tuk-tuk. Jeepney awalnya adalah mobil-mobil bekas Perang Dunia II, saat itu pasukan Amerika menarik diri dan meninggalkan ratusan Jeep mereka di Filipina, dan dialihfungsikan menjadi angkutan masyarakat umum hingga sekarang. Ide kreatif yang hebat. Jeep tersebut dimodifikasi sedemikian rupa sehingga cocok untuk digunakan sebagai transportasi umum utama di kota-kota besar di Filipina, seperti Manila. Badannya diperpanjang , dan kursi di dalam mobil ditambah agar sanggup menampung banyak penumpang.  Mobil yang awalnya tanpa atap tersebut disulap sebagai tempat yang nyaman untuk menikmati pemandangan kota. Oleh pemiliknyanya badan mobil dilukis dengan gambar-gambar yang unik dan warna warni mencolok, lalu klaksonnya berupa terompet yang menempel di bagian depan mobil.

Mobil jeepney yang ada saat ini tidak lagi asli peninggalan perang dulu, tetapi sudah hasil karya pengusaha local dengan menggunakan mesin dari Jepang. Bahkan saat ini telah ditemukan E-Jeepney,  atau electrical Jeepney yang berbahan dasar listrik.  E-Jeepney banyak diproduksi digunakan sebagai mobil antar-jemput sekolah, penginapan, dan lainnya (ditulis oleh Upik Kesumawati Hadi, Fakultas Kedokteran hewan IPB, Oktober 2015).

TULISAN DALAM PDF: Jeepney Angkutan Umum Unik

Jeepney angkutan unik

Jeepney angkutan unik

Jeepney merah

Jeepney merah

Jeepney sedang melaju

Jeepney sedang melaju

 

 

Leave a Reply