browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Monumen Yose Rizal di Luneta Filipina

Posted by on December 1, 2015

Monumen Yose Rizal di Luneta merupakan tempat terpopuler yang paling banyak dikunjungi orang di Filipina. Banyak pengunjung disini berfoto di depan monumen bapak Negara Filipina. Beliau meninggal demi pembebasan negaranya dari penjajah Kerajaan Spanyol, dan sebagai seorang pahlawan nasional yang dihormati tidak hanya di negaranya tetapi juga oleh bangsa- bangsa lain di dunia.

Monumen di Rizal Park atau Taman Luneta terletak tidak jauh dari Intramuros dan Manila Bay, sangat ramai di hari libur dan banyak wisatawan dating mengunjunginya. Di sini setiap Filipino harus belajar bagaimana memberikan penghormatan dan penghargaan kepada pahlawannya di tempat penting di Filipina ini.  Monumen ini direncanakan dan dibangun selama periode kolonial Amerika dari Filipina melalui UU No. 243 yang telah disetujui Komisi Filipina Amerika Serikat  oleh otoritas Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt pada September 28, 1901. Selanjutnya monumen ini diresmikan pada 30 Desember 1913 saat ulang tahun kematian ke 17 Jose Rizal. Oleh karena itu  monumen itu sekarang berusia lebih dari 100 tahun! Luar biasa…

Monumen ini terdiri dari patung Rizal berdiri terbuat dari perunggu dengan obelisk sebagai latar belakang nya, yang dibangun di dasar batu granit yang jenazahnya dikebumikan secara dalam. Ketinggian monumen adalah 12,7 meter atau 42 kaki.

Luneta berasal dari kata “lunette” yang berarti bulan sabit – bentuk taman. Taman ini juga dianggap sebagai “paru-paru hijau Manila”. Luneta Park telah diubah namanya menjadi Taman Rizal pada tahun 1913 untuk menghormati Dr Jose Rizal, meskipun banyak orang Filipina masih menyebutnya sebagai hari Luneta atau Luneta Park. Di sini juga terdapat tiang bendera tertinggi di Filipina (150 kaki), “The Independence Flagpole”, yang terletak di depan Monumen Rizal di Luneta. Tepat di seberang tiang bendera, anda dapat menemukan penanda marmer dengan Nol Kilometer (KM 0), titik asal untuk mengukur jarak antara provinsi-provinsi dan kota di negara ini (Ditulis oleh Upik Kesumawati Hadi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB Bogor November 2015)

TULISAN DALAM PDF: Monumen Yose Rizal di Luneta Filipina

Luneta park

Luneta park

Patung Yose Rizal, pahlawan Filipina

Patung Yose Rizal, pahlawan Filipina

Monument Yose Rizal

Monument Yose Rizal

Bersama peserta symposium on Parasitology

Bersama peserta symposium on Parasitology

Bendera Filipina

Bendera Filipina

Berkibar pada Tiang tertinggi

Berkibar pada Tiang tertinggi

 

 

Leave a Reply